Tidak ada konvoi malam takbiran di Medan

Tidak ada konvoi malam takbiran di Medan

Kepolisian Daerah Sumatera Utara beserta jajarannya, Sabtu, menggelar operasi berskala besar guna mengantisipasi masyarakat yang melaksanakan takbir keliling malam jelang lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah di tengah masa pandemi COVID-19 di Kota Medan. ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus/am.

Medan (ANTARA) - Tidak ada kegiatan konvoi umat muslim pada malam takbiran dalam menyambut Hari Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 di Medan, Sumatera Utara.

Pemantauan ANTARA, Sabtu malam pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB, tidak ada kerumunan atau orang yang berkumpul pada malam takbiran untuk merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Bahkan, masyarakat Medan --berpenduduk lebih kurang 2,3 juta jiwa-- lebih memilih berdiam diri di rumah, dari pada keliling bermalam takbiran.

Baca juga: Polda Aceh larang konvoi kendaraan bermotor saat malam takbiran

Sebelumnya, Kepala Polda Sumatera Utara, Inspektur Jenderal Polisi Martuani Sormin, mengimbau umat muslim untuk melaksanakan takbiran di rumah/masjid, serta tidak melakukan konvoi di jalan raya maupun pusat kota untuk menyambut Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Gelombang kerumunan masyarakat diprediksi terjadi pada malam sebelum lebaran Idul Fitri hari ini serta pada puncak perayaan lebaran dalam 2 hari ke depan," ujar Sormin, di Medan, Sabtu.

Baca juga: Pemkot Jaksel kerahkan 300 personel Satpol PP patroli malam takbiran

Polda Sumatera Utara juga mengantisipasi hal itu dengan mengerahkan personelnya menyekat jalan-jalan di Medan.

"Kami juga mengimbau agar tidak perlu bertakbiran di luar, karena dengan bertakbiran nanti akan terjadi kumpul massa yang lebih banyak.Kami sudah koordinasi dan kami juga sudah memberikan perintah untuk mengimbau agar takbiran di rumah atau di masjid saja," kata dia.
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020