Jambi (ANTARA) - Kepala Polda Jambi, Inspektur Jenderal Polisi Firman Shantyabudi, mengimbau kepada seluruh masyarakat di provinsi itu untuk tetap mengikuti imbauan pemerintah dan protokol kesehatan penanganan Covid-19, salah satunya melaksanakan shalat Id di rumah saja.

Hal itu dia sampaikan bersama Komandan Korem 042 Garuda Putih, Kolonel Kavaleri Zulkifli, usai memimpin apel gelar pasukan pengamanan malam takbiran dalam Operasi Nusa Aman II/2020 sekaligus mencegahan penyebaran Covid-19 di Jambi, Provinsi Jambi, Sabtu.

Baca juga: Satpol PP Jakbar bubarkan kerumunan di Kota Tua

"Saya minta kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan ibadah di rumah masing-masing dan ini sekali lagi bukan kami dari kepolisian dan TNI melarang masyarakat untuk tidak boleh shalat id, tetapi ini kami lakukan karena untuk menjaga dan melindungan masyarakat jangan sampai terkena Covid-19," kata dia.

Imbauan pemerintah agar tetap diikuti dan dilaksanakan dan minta seluruh masyarakat Provinsi Jambi agar bersama sama kita patuhi protokol kesehatan agar Jambi bisa berlalu dari Covid-19.

Baca juga: Tidak ada konvoi malam takbiran di Medan

"Sampai malam ini saya berserta jajaran bersama TNI terus mengupayakan situasi kamtimbmas di sini, sangat kondusif dan semoga sampai seterusnya situasi kamtibmas bisa ditangani secara baik," katanya.

Polda Jambi juga telah mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan arak-arakan takbiran keliling dan polisi sudah disiagakan pada beberapa lokasi yang dianggap menjadi titik kumpul warga.

Baca juga: Tak ada takbir keliling malam Idul Fitri 1441 H di Kendari

"Kepada warga tetap perbanyak tabiran di rumah masing-masing karena Corona belum berlalu dari Provinsi Jambi untuk saat ini," kata Shantyabudi.

Sedangkan Zulkifli mengatakan, selain menyatakan imbauan senada mereka juga berharap jumlah penderita virus Corona bisa tidak bertambah atau berkurang karena saat ini diprediksi menjadi gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia termasuk di Provinsi Jambi.

Baca juga: Dewan masjid Kupang dukung shalat Id di rumah

"Kami dari TNI bersama Kepolisian terus mengimbau seluruh masyarakat Jambi untuk jaga jarak, jaga kesehatan, cuci tangan, dan menggunakan masker sesusai dengan protokol kesehatan," kata Zulkifli.

Sementara itu hasil pantuan dilapangan memang masih ada juga beberapa titik yang menjadi tempat keramaian namun berhasil diurai dan dibubarkan personel TNI dan polisi yang bersama-sama melakukan patroli bersama keliling di Jambi.

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020