Mekah (ANTARA) - Arab Saudi pada Kamis mengumumkan "rencana normalisasi dua tahap" untuk Mekkah, yang bertujuan melonggarkan pembatasan COVID-19 dan secara bertahap kembali ke kehidupan normal.

Tahap pertama akan dimulai pada 31 Mei, yang akan mengizinkan  keluar dan masuk Mekkah  antara pukul 06.00-15.00 waktu setempat, menurut pernyataan Kementerian Dalam Negeri.

Shalat Jumat dan shalat berjamaah lainnya di Masjidil Haram akan kembali digelar untuk umum sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, demikian bunyi pernyataan.

Tahap kedua akan dimulai pada 21 Juni, yang akan mengizinkan  warga  keluar antara pukul 06.00-20.00 waktu setempat.

Disebutkan pula bahwa tukang pangkas rambut belum diizinkan untuk beroperasi, sementara pernikahan dan pemakaman dapat dihadiri paling banyak 50 orang.

Sejak virus corona muncul pada Desember tahun lalu di Kota Wuhan, China, virus tersebut telah menyebar ke sedikitnya 188 negara dan wilayah.

Tercatat lebih dari 5,6 juta orang terinfeksi secara global dengan hampir 355.000 kematian. Sedangkan lebih dari 2,3 juta orang lainnya dinyatakan sembuh dari penyakit pernapasan tersebut.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Arab Saudi akan cabut jam malam mulai 21 Juni kecuali di Mekkah
Baca juga: Saudi pasang gerbang sterilisasi di masjid di Mekkah, Madinah

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020