Jakarta (ANTARA) - Dai kondang yang juga ahli tafsir Al Quran, Ustadz Amir Faishol Fath, mengajak umat Islam di Indonesia untuk memberikan hewan kurban terbaiknya bagi orang lain yang membutuhkan.

"Seorang Muslim mesti memberikan hewan kurban yang terbaik. Selain itu, daging kurban terbaik ini juga nantinya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan," kata Ustadz Amir dalam keterangan di tertulis Aksi Cepat Tanggap yang diterima di Jakarta, Senin.

Ustadz Amir menerangkan bahwa kurban juga berasal dari kata ‘qoroba yaqrobu’, yang artinya mendekat. “Maksudnya adalah mendekat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” kata Ustadz Amir.

Ketika bulan haji tiba, umat Islam diingatkan pada kisah besar yang disebutkan di Al Quran dalam surat As Saffat ayat 102. Pada ayat itu, Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS  mengurbankan putranya, Ismail.

Melalui ayat tersebut pula, Allah mengajarkan keimanan, ketundukan, dan kepatuhan seorang hamba kepada Rabb-nya.

"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, ‘Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!’ Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar,” demikian Amir mengutip surat As Saffat ayat 102.

Melalui ayat tersebut, Allah menunjukkan bahwa ibadah kurban harus dijalankan dengan penuh keikhlasan sebagaimana yang dijalankan Nabi Ibrahim.

Selain menunaikan perintah Allah, ada banyak makna yang dapat dipetik dari ibadah kurban ini, baik secara ruhiyah maupun secara sosial-kemasyarakatan.

Secara ruhiyah, ibadah ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan keimanan bagi yang menjalanka Secara sosial-kemasyarakatan, ibadah kurban terasa sangat bermakna apabila dilandasi dengan kerelaan dan keikhlasan yang berimbas pada perilaku keseharian.

"Lewat ibadah kurban, akan tumbuh rasa kepedulian sosial terhadap sesama. Terlebih saat ini bangsa Indonesia sedang berduka, di mana saudara-saudara kita yang sedang ditimpa kesusahan akibat pandemi hingga kehilangan pekerjaan," kata dia.

Melalui ibadah kurban ini, ACT mengajak ketuk pintu hati kemanusiaan, rasa kepedulian sosial serta merasa senasib sepenanggungan terhadap apa yang menimpa saudara-saudara sebangsa setanah air.

Selain itu, Ustadz Abu Yahya Badrussalam mengatakan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail itu menggambarkan dua orang hamba yang amat taat kepada Allah. Islam yang artinya menyerahkan diri kepada Allah dengan ketundukan dan kepatuhan, termasuk bersabar dalam beriman.

Baca juga: ACT: Kurban momentum penyempurna iman setelah Ramadhan
Baca juga: Global Qurban-ACT rekrut agen filantropi kurban di Aceh

Baca juga: Global Qurban-ACT rekrut agen filantropi kurban di Aceh

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2020