Menahan sebaran COVID-19 bukan hanya tugas dan tanggung jawab dokter dan paramedis, namun semua pihak berperan
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa dan berita ekonomi direkam dan disiarkan Kantor Berita Antara pada Minggu (14/6), mulai dari BUMN yang memperbanyak tes usap gratis untuk mendiagnosa COVID-19, hingga Ridwan Kamil yang mengingatkan pengelola destinasi wisata dan wisatawan untuk menaati protokol kesehatan

Berikut rangkuman informasi ekonomi tersebut yang masih layak dibaca untuk mengisi awal pekan ini :


1. BUMN dan Gugus Tugas COVID-19 perbanyak tes usap gratis

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Gugus Tugas Nasional Penanganan COVID-19 menggenjot upaya mengendalikan penyebaran wabah virus corona jenis baru ini dengan memperbanyak swab test atau tes usap gratis di sejumlah daerah di Indonesia.

"Menahan sebaran COVID-19 bukan hanya tugas dan tanggung jawab dokter dan paramedis, namun semua pihak berperan," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam keterangan pers di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


2. Ridwan Kamil tinjau penerapan normal baru di Pasar Panorama Lembang

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meninjau penerapan protokol kesehatan normal baru atau Pemprov Jabar menyebutnya dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menilai protokol kesehatan AKB sudah berjalan baik, seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebelum masuk area pasar.

Baca selengkapnya di sini


3. Kemenparekraf bantu pekerja pariwisata terdampak COVID-19 di Sumsel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyalurkan bantuan bagi 10.000 pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif terdampak COVID-19 di Sumatera Selatan dengan bantuan berupa paket BaLaSa (Bahan Lauk Siap Saji).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan sektor yang paling pertama terdampak pandemi COVID-19.

Baca selengkapnya di sini


4. Kemenparekraf undang komunitas investasi sosial ke Indonesia

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo mengundang komunitas investasi sosial untuk turut serta membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang disebutnya prospektif.

“Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk komunitas investasi sosial untuk mendorong pengembangan sektor pariwsiata dan ekonomi kreatif lokal dan meningkatkan kapasitas bisnis UMKM serta menstimulus sektor-sektor yang terkena dampak dengan membangun kembali ekosistem bisnis yang kondusif,” kata Angela Tanoesoedibjo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini


5. Gubernur Jabar minta pengelola wisata terapkan protokol kesehatan

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil meminta kepada pengelola destinasi wisata dan wisatawan untuk disiplin dan teliti menerapkan protokol kesehatan karena jika tidak dilaksanakan, maka pihaknya tidak segan untuk memberlakukan sanksi penutupan kembali.

"Saya amati hampir 100 persen pakai masker. Kedua saya titip bupati terus mengingatkan protokol kesehatan karena pasti ada satu dua orang yang tidak disiplin. Musola diatur jaga jarak. Pedagang saya imbau pake sarung tangan. Karena terima uang fisik," kata Ridwan Kamil seusai meninjau penerapan protokol kesehatan di Pasar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020