jam tutupnya kami percepat tetapi pelayanan tetap kami maksimalkan
Medan (ANTARA) - Tiga puskesmas di Kota Medan, Sumatera Utara kembali beroperasi setelah ditutup selama 14 hari karena pimpinan dan pegawai puskesmas setempat dinyatakan positif terpapar virus corona atau COVID-19.

"Sudah normal kembali, hanya saja jam tutupnya kami percepat tetapi pelayanan tetap kami maksimalkan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Edwin Effendy kepada ANTARA, Senin.

Ketiga puskesmas tersebut yakni Puskesmas PB Selayang II Medan di Jalan Bunga Cempaka, Kecamatan Medan Selayang.

Kemudian Puskesmas Medan Sunggal di Jalan Pinang Baris, Kecamatan Medan Sunggal dan Puskesmas Kota Matsum di Jalan Amaliun, Kecamatan Medan Area.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir untuk berobat di tiga puskesmas tersebut. Dia memastikan kondisi seluruh petugas di sana dalam keadaan sehat.

Baca juga: Wali Kota: Empat Puskesmas di Solo ditutup sementara

Baca juga: Terjadi transmisi lokal, puskesmas di Palangka Raya-Kalteng ditutup


"Selama penutupan kemarin kita sudah melakukan sterilisasi di puskesmas tersebut, para petugasnya juga sudah menjalani rapid test. Selain itu juga kita tetap menerapkan protokol kesehatan di puskesmas tersebut," ujarnya.

Sementara itu pantauan ANTARA di Puskesmas Medan Sunggal pada Senin, aktivitas sudah mulai berjalan normal. Sebelum memasuki area puskesmas, para pengunjung juga harus melalui proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh pihak puskesmas.
 
Adapun proses pemeriksaan yang dilakukan mulai dari mencuci tangan hingga pemeriksaan suhu tubuh. Para pengunjung juga diwajibkan untuk menggunakan masker.

Baca juga: Bertambah, tiga Puskesmas di Medan ditutup karena dampak COVID-19

Baca juga: Puskesmas Tulungagung ditutup karena petugas medis terpapar COVID-19

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020