adopsi teknologi dipercepat dengan adanya pandemi
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno mengatakan teknologi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) permanen diterapkan meskipun pandemi COVID-19 telah berakhir.

"Bahwa permanen atau tidak, adopsi teknologi dipercepat dengan adanya pandemi. Adopsi teknologi tersebut akan permanen, jangan teknologi dipakai hanya pada saat pandemi saja," ujar Totok dalam taklimat media di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan laporan dari UNESCO menyebutkan bahwa teknologi mempercepat proses pembelajaran. Oleh karena itu, meski pandemi COVID-19 telah berakhir teknologi PJJ tetap digunakan.

"Adopsi teknologi dalam kultur belajar, diatur atau tidak diatur bisa terjadi dengan baik. Untuk menjalankan kultur belajar yang baik, maka area inovasi tidak tergantung pada aturannya," kata Totok.

Baca juga: Nadiem sebut pendidikan jarak jauh bisa permanen

Baca juga: Kemendikbud prioritaskan persiapan PJJ pada tahun ajaran baru


Dia mengimbau para guru untuk tidak hanya sekedar menuntaskan kurikulum namun harus belajar dengan penuh pendalaman. Dalam pembelajaran guru harus berorientasi pada siswa.

Oleh karenanya, pada awal tahun ajaran baru guru harus melakukan asesmen terhadap siswa. Hal itu bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa yang diperoleh saat PJJ.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Iwan Syahril, mengatakan PJJ masih tetap digunakan. Namun tidak seolah-olah dilakukan seperti saat ini.

"Namanya pembelajaran hibrid atau pendekatan campuran antara luring dan daring. Ada yang daringnya 10 persen dan 90 persen lainnya adalah tatap muka atau luring. Itu semua tergantung gurunya," kata Iwan.

Iwan menambahkan bahwa penerapan pembelajaran campuran tersebut tergantung variasi yang diberikan oleh guru dan sekolah. Penggunaan teknologi tetap memiliki komponen PJJ, namun akan lebih banyak pembelajaran tatap muka.

Baca juga: Lika-liku pendidikan di DKI Jakarta saat pandemi COVID-19

Baca juga: Jawa Barat masih terapkan model pembelajaran jarak jauh

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020