Korea Selatan donasikan 625.000 masker KF94 kepada Indonesia

Korea Selatan donasikan 625.000 masker KF94 kepada Indonesia

Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang Beom (kanan) menyerahkan bantuan alat tes COVID-19 secara simbolis kepada Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020). (ANTARA/HO-Laman Youtube BNPB Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Korea Selatan terus memberikan sumbangan kemanusiaan bagi Indonesia untuk penanganan pandemi COVID-19, di antaranya dengan mendonasikan 625.000 masker KF94 senilai 500 ribu dolar AS (sekitar Rp7,2 miliar).

Masker KF94 adalah masker medis yang kualitasnya sama dengan masker N95, demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta, Senin.

Sebanyak 250.000 lembar masker KF94 telah tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta pada 9 Juli 2020, kemudian 250.000 lembar selanjutnya pada 11 Juli 2020, dan sisa 125.000 lembar akan segera dikirimkan setelah proses selesai di Korea.

Donasi masker dianggap sangat berarti untuk melindungi tenaga medis yang bekerja di garda terdepan penanganan COVID-19 di Indonesia. Masker tersebut akan disalurkan kepada tenaga medis di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta maupun puskesmas di berbagai daerah.

Baca juga: Indonesia dapat belajar dari data penanggulangan COVID-19 Korsel
Baca juga: Kemitraan Strategis Khusus jadi alasan Korsel prioritaskan Indonesia


Kontribusi ini merupakan tindak lanjut dari janji Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang akan mempertimbangkan dukungan tambahan terhadap Indonesia dalam percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo pada 21 April 2020.

Indonesia sebagai salah satu mitra penting dalam Kebijakan Baru ke Arah Selatan (New Southern Policy) merupakan satu-satunya negara di ASEAN, yang menjalin hubungan kemitraan strategis khusus dengan Korea Selatan.

Oleh karena itu, pemberian sumbangan kemanusiaan yang berkelanjutan dari pemerintah Korea Selatan maupun sektor swasta kepada Indonesia, di saat berbagai negara meminta bantuan terkait penanganan COVID-19 kepada pemerintah Korea Selatan, mencerminkan pentingnya Indonesia bagi Korea Selatan dan betapa terjaganya hubungan yang erat antara kedua negara.

Perusahaan Korea Selatan di Indonesia dan organisasi masyarakat Korea Selatan di Indonesia telah memberi donasi alat pemeriksaan, baju perlindungan diri, masker, dan lain-lain.

Pemerintah Korea Selatan akan terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam membentuk sistem penanganan COVID-19, termasuk pemberian sumbangan kemanusiaan.

Sebelumnya, Korea Selatan telah berkontribusi untuk penyediaan penyemprot disinfektan pada 8 April 2020 dan alat tes PCR pada 24 April 2020.

Baca juga: Masyarakat aspek terpenting "the New Southern Policy" Korsel
Baca juga: Perusahaan Korsel sumbang alat tes COVID-19, APD senilai Rp14,8 M

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020