Kapolda Jambi: Operasi Patuh untuk melindungi masyarakat bukan hukuman

Kapolda Jambi: Operasi Patuh untuk melindungi masyarakat bukan hukuman

Personil Polda Jambi yang dilibatkan pada kegiatan Operasi Patuh 2020.(ANTARA/Nanang Mairiadi)

Jambi (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Inspektur Jenderal Polisi, Firman Shantiyabudi, mengatakan bahwa kegiatan Operasi Patuh 2020 bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat bukan hanya sekedar menghukum pelanggar lalu lintas.

"Kegiatan Operasi Patuh 2020 kali ini artinya kita ingin melindungi masyarakat, kami ada di sana bukan hanya untuk memberikan sekedar hukuman, tetapi memberi perlindungan masyarakat dimana hal ini yang paling utama masyarakat pahami," kata Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Firman Shantyabudi, di Jambi Kamis, usai memimpin gelar apel pasukan Operasi Patuh Singinjai 2020 di Mapolda Jambi.

Bentuk melindungi masyarakat dalam kegiatan operasi patuh kali ini diantaranya adalah memberikan edukasi kepada warga agar bisa patuh dan tertib berlalu lintas sehingga tidak ada lagi korban kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa pengendaranya dengan mematuhi semua ketentuan berlalu lintas di jalan raya.

Baca juga: Polres gelar Operasi Patuh Kapuas 2020 di Singkawang
Baca juga: Polda Metro sampaikan lima sasaran Operasi Patuh Jaya 2020


Kapolda memimpin langsung gelar pasukan apel Operasi Patuh Siginjai 2020 dengan mengangkat tema "Polri siap melaksanakan kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19, mengedepankan kegiatan preventif, guna mewujudkan kamseltibcar lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas) dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 di jalan.

Firman Shantyabudi menyampaikan bahwa, ada 442 personil kepolisian Polda Jambi dan jajarannya dilibatkan kegiatan operasi patuh 2020, dimana permasalahan bidang lalu lintas saat ini semakin berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan transportasi di era digital saat ini bagaimana operasional penggunaan jasa angkutan publik sudah berada dalam genggaman cukup menggunakan handphone, hal ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya polisi lalu lintas. Sehingga mampu mengantisipasi dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut sesuai amanat Undang Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Operasi patuh mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, dan jajaran Polda Jambi menurunkan 442 personil dan didukung seluruh personil Polda Jambi pada kegiatan Operasi Patuh Siginjai Polda Jambi 2020 kali ini.

Ditambahkan Kapolda, ada beberapa yang kita prioritaskan dalam operasi patuh Siginjai kali ini, diantaranya adalah meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan tempat serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca juga: Operasi Patuh Jaya, Polrestro Jaksel kerahkan 86 personel
Baca juga: Operasi Patuh Jaya juga sasar pelanggar protokol kesehatan
Pewarta : Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020