Pertumbuhan ini tidak terlepas dari inovasi dalam digitalisasi pengajuan KPR yang memudahkan bagi calon debitur termasuk promo yang gencar
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat realisasi kredit pemilikan rumah (KPR) pada kuartal II 2020 tumbuh 5,6 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya dengan portofolio mencapai Rp44,8 triliun.

"Secara nasional ini sekitar sembilan persen dari total KPR," kata Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalis dalam webinar bertema "Solusi Properti untuk Milenial" di Jakarta, Kamis.

Baca juga: BNI adakan pameran KPR daring tawarkan promo bunga rendah

Menurut dia, pertumbuhan ini tidak terlepas dari inovasi dalam digitalisasi pengajuan KPR yang memudahkan bagi calon debitur termasuk promo yang gencar diadakan bank BUMN ini.

Mengutip data Bank Indonesia, Corina mengungkapkan industri KPR nasional per April 2020 tumbuh 5,39 persen atau menurun dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 13,75 persen.

Pada masa pandemi COVID-19 yang mulai muncul di Tanah Air pada awal Maret 2020, pertumbuhan industri KPR pada April 2020 turun 0,13 persen.

Sementara itu, kenaikan harga properti di pasar primer pada kuartal pertama 2020 tumbuh melambat yang ditunjukkan dari indeks harga properti residensial yang menurun 1,68 persen dibandingkan posisi Desember 2019 sebesar 1,77 persen.

Penjualan properti residensial pada kuartal pertama 2020 menurun signifikan hingga minus 43,18 persen dibandingkan periode sama tahun lalu di seluruh tipe rumah.

Sedangkan, jumlah konsumen menggunakan KPR dalam pembelian properti residensial sebesar 74,73 persen pada kuartal pertama 2020.

Corina optimistis pihaknya mampu mempertahankan pertumbuhan atau bahkan bisa ditingkatkan dari pencapaian pada kuartal kedua ini hingga akhir tahun karena BNI membuka promo baru KPR bagi milenial.

Sementara itu, terkait angka kredit bermasalah (NPL) untuk KPR pada masa pandemi COVID-19 ini, ia mengungkapkan NPL BNI masih di bawah tiga persen.

Baca juga: BNI dorong UMKM bertransformasi digital pascarestrukturisasi kredit
Baca juga: BNI optimistis capai target KPR FLPP pada 2020


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020