Khofifah: Pramuka harus lantang ajak warga disiplin protokol kesehatan

Khofifah: Pramuka harus lantang ajak warga disiplin protokol kesehatan

Kamabida Pramuka Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan 100 ribu masker yang diterima Ka Kwarda Jatim Saifullah Yusuf (kanan) untuk selanjutnya dibagikan ke warga di sela peringatan Hari Pramuka Ke-59 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (12/08/2020) sore. (ANTARA/Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jawa Timur Khoffah Indar Parawansa menyatakan anggota Pramuka harus lantang mengajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

"Anggota Pramuka harus jadi speaker agar masyarakat semakin disiplin dan peduli, jaga jarak aman, pola hidup bersih dan sehat serta bermasker," ujarnya di sela peringatan Hari Pramuka ke-59 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu sore.

Baca juga: Buwas: Pramuka peduli COVID-19 adalah wujud semangat tanggulangi wabah

Khofifah yang juga Gubernur Jatim tersebut juga melanjutkan pesan Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Kamabinas) agar anggota Pramuka tak pernah bosan menyampaikan edukasi ke masyarakat bahwa pandemi COVID-19 belum selesai.

Menurut dia, kepedulian dan kedisiplinan masyarakat menjadi penting karena beberapa saat ini sejumlah sektor mulai menggeliat dan perekonomian bergerak.

"Sehingga kedisplinan dan kepedulian masyarakat menjadi titik sentral untuk bisa digerakkan oleh Pramuka," ucap Khofifah.

Baca juga: Khofifah-Gus Ipul lakukan pertemuan "empat mata' di Grahadi

Sementara itu, peringatan Hari Pramuka Ke-59 dilakukan secara virtual dan diikuti pengurus Kwartir Daerah Pramuka Jatim, serta Majelis Pemimbing Cabang-Kwartir Cabang (38 kabupaten/kota).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarda Jatim Saifullah Yusuf berterima kasih kepada Pemprov Jatim, terutama kepada Khofifah yang telah menunjukkan kepedulian terhadap Pramuka setempat.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak Pramuka buat gerakan pada masa pandemi

"Semua program Pramuka selalu mendapat dukungan dari Gubernur. Seperti membangun rumah, mengecat warna-warni rumah dan jembatan, membantu membuat jalan serta bagi-bagi masker di masa pandemi ini," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Wakil Gubernur Jatim periode 2009-2019 tersebut bahkan berterima kasih karena Pramuka Jatim mendapat bantuan 250 ribu masker yang nantinya dibagikan kepada masyarakat di sejumlah daerah.

"Intinya, kami sangat mengapresiasi Kamabida Kak Khofifah sehingga Pramuka Jatim menjadi salah satu yang diperhitungkan di tingkat nasional," tuturnya.

Baca juga: Presiden: Jiwa dan karakter pramuka dibutuhkan saat pandemi

 
Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020