ini menunjukkan peneliti LIPI dalam melakukan riset tidak hanya berlandaskan pada etika dan norma ilmiah
Jakarta (ANTARA) - Tiga peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dinobatkan sebagai bagian dari 75 Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2020 untuk bidang sains dan inovasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Tiga peneliti tersebut adalah Ahmad Najib Burhani dari Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya, Nurul Taufiqu Rochman dari Pusat Penelitian Metalurgi dan Material, dan Ayu Savitri Nurinsiyah dari Pusat Penelitian Biologi.

"Penghargaan ini menunjukkan bahwa para peneliti LIPI dalam melakukan
aktivitas riset tidak hanya selalu berlandaskan pada etika dan norma ilmiah sesuai standar global, tetapi juga tetap memegang teguh Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa Indonesia," kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Peneliti LIPI: Pancasila terbukti bertahan dari rongrongan

Baca juga: LIPI peroleh sekuens genom utuh virus corona dengan Oxford Nanopore


Handoko menuturkan semua pihak perlu meyakini pentingnya ilmu pengetahuan serta aktivitas riset dalam penyelenggaraan dan pembangunan.

"Indonesia yang sedang menyongsong era baru sebagai negara maju harus mendasarkan penyelenggaraan dan pembangunannya pada kebijakan berbasis ilmu pengetahuan serta pada saat yang sama senantiasa berpedoman pada ideologi Pancasila yang merupakan akumulasi dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia," ujarnya.

Ahmad Najib Burhani, yang baru saja dikukuhkan sebagai Profesor Riset bidang Agama dan Tradisi Keagamaan, mendapatkan penghargaan karena beragam kerja akademisnya dalam isu problematika dan dilema kelompok minoritas di Indonesia.

Baca juga: Peneliti: Desain vaksin LIPI berbeda dengan Eijkman

"Saya berharap orang-orang yang berada di Transito Mataram sejak 2006 bisa kembali mendapatkan kehidupan yang normal. Demikian juga para pengungsi Syiah di Puspa Agro Sidoarto yang sudah berada di sana sejak 2013," tuturnya.

Peraih penghargaan the Professor Charles Wendell Memorial Award dari University of California-Santa Barbara tahun 2013 itu berharap berbagai kelompok minoritas bisa mendapatkan hak yang sama sebagai warga negara.

Sementara Ayu Savitri Nurinsiyah dinobatkan sebagai 75 Ikon Prestasi Pancasila lewat riset spesies keong darat Jawa yang memiliki antimikroba dari protein lendir.

Baca juga: Empat profesor riset dikukuhkan lagi oleh LIPI

"Penghargaan ini adalah pemicu untuk terus mengungkap keanekaragaman hayati Indonesia dan potensinya sehingga dapat dimanfaatkan oleh bangsa Indonesia," ujarnya.

Ayu yang merupakan penerima L’Oréal-UNESCO For Women in Science 2019 berharap Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya hayati dan sumber daya manusia bisa menjadikan dua kekuatan tersebut sebagai modal untuk menjadi negara dan bangsa yang maju dan mandiri.

Profesor Riset bidang Teknik Bahan Nurul Taufiqu Rochman meraih penghargaan atas kepemilikan 15 paten dan hak cipta.

Peraih medali World Intellectual Property Organization tahun 2016 untuk kategori inventor tersebut telah mempublikasikan 31 paten dan hak cipta, termasuk satu paten granted yang telah diterapkan di perusahaan Kyushu Tabuchi, Jepang sejak 2003.

"Mari mewujudkan hasil riset kita ke dunia nyata sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat menuju keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Nurul.

Baca juga: LIPI upayakan kumpulkan 10 hasil "whole genom sequencing" per pekan

Baca juga: LIPI diharapkan jaga marwah riset dasar

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020