Jakarta (ANTARA) - Korps Baret Ungu, Marinir TNI Angkatan Laut melaksanakan rapid test atau tes cepat secara serentak sebagai upaya memutus rantai penularan virus corona jenis baru atau COVID-19, Kamis.

Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono melaksanakan rapid test di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Kwitang, Jakarta Pusat tersebut, diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Mako Kormar dan prajurit Korps Marinir seluruh Indonesia di kesatuan masing-masing.

"Korps Marinir melakukan rapid test secara serempak kepada prajurit Marinir seluruh Indonesia, guna memutus rantai penularan COVID-19 yang belum juga mereda," kata Kepala Dinas Kesehatan Korps Marinir (Kadiskes Kormar) Kolonel Laut (K) dr Ariyo Sasto Bintoro, Sp U.

Rapid test yang dilaksanakan ini merupakan kewajiban bagi 20 ribu baret ungu. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali, setelah sebelumnya para satuan melaksanakan tes sendiri-sendiri.

Untuk prajurit yang hasil rapid testnya reaktif, kata Aryo, Diskes Kormar sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri di setiap satuan, dan untuk wilayah Jakarta, telah disiapkan sekitar dua ratus tempat untuk isolasi mandiri bertempat di Pangkalan Marinir Jakarta yang berada di Kwini Senen Jakarta Pusat.

Turut melaksanakan rapid test hari ini, Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Irkormar Brigjen TNI (Mar) Lasmono dan seluruh Pejabat Utama Mako Kormar.

Baca juga: Marinir TNI-AL sosialisasikan pentingnya penggunaan APD cegah COVID-19

Baca juga: KSAL: Marinir harus ikut disiplinkan masyarakat taat protokol COVID-19

Baca juga: ACT dan TNI AL siap distribusikan enam ton beras

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020