Dari seluruh karyawan sebanyak 12 orang telah menjalani tes usap
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah kota melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Malang melakukan pelacakan penyebaran virus corona, usai dua pegawai Bank Bukopin Malang, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terpapar COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Malang dr Husnul Muarif mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima, dua pegawai yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut berdomisili di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Kami sudah mendatangi Bank Bukopin, dan diinformasikan bahwa dua karyawan itu berdomisili di Surabaya. Pulang pergi, dari Kota Malang, ke Surabaya," kata Husnul, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa.

Husnul menjelaskan, dalam pengumpulan informasi tersebut, Gugus Tugas meminta kronologi dan riwayat perjalanan dari dua orang karyawan Bank Bukopin, Kota Malang itu.

Husnul menambahkan, pihak manajemen Bank Bukopin Malang, telah melakukan pelacakan secara internal terhadap para karyawannya. Dari seluruh karyawan sebanyak 12 orang telah menjalani tes usap, atau swab test.

"Internal Bank Bukopin melakukan tracing. Kemudian dilakukan pemeriksaan swab kepada 12 orang karyawannya, dan hasilnya saat ini belum kelua. 12 orang tersebut diliburkan," kata Husnul.

Husnul menambahkan, pelayanan perbankan pada Bank Bukopin di Jalan Semeru tersebut, untuk saat ini dialihkan ke cabang terdekat lainnya. Selain itu, Gugus Tugas juga meminta sterilisasi pada kantor bank di Jalan Semeru tersebut.

Baca juga: Dua pasien positif COVID-19 lari dari Sorong diamankan di Malang

Baca juga: Ratusan ASN Pemkab Malang jalani uji cepat COVID-19


"Pelayanan dialihkan ke Bank Bukopin terdekat, sampai nanti tanggal 18 September 2020. disamping itu juga sarankan desinfeksi gedung luar dalam," ujar Husnul.

Sementara itu, Branch Sales Manager Bank Bukopin Malang Suharsono menambahkan bahwa usai didapati dua karyawan Bank Bukopin Malang terkonfirmasi positif COVID-19, pihaknya telah melakukan sterilisasi gedung, dan mengalihkan layanan ke cabang terdekat.

"Setelah terkonfirmasi kami segera mengambil langkah antisipasi dengan melakukan sterilisasi gedung, dan mengalihkan layanan nasabah dari kantor Bukopin Jalan Semeru, ke kantor terdekat," kata Suharsono.

Suharsono menambahkan, bagi para nasabah yang membutuhkan layanan perbankan, bisa mendatangi kantor cabang yang ada di Jalan S. Parman Kota Malang, Jalan Raya Danau Toba Kota Malang, Jalan Kawi, Kepanjen, dan Jalan Diponegoro, Kota Batu.

ua karyawan yang terpapar virus corona tersebut, saat ini kondisinya dilaporkan dalam keadaan baik, dan tengah menjalani isolasi mandiri di kediamannya. Dua karyawan tersebut, terkonfirmasi positif COVID-19 usai melakukan swab mandiri.

Hingga saat ini, tercatat di Kota Malang ada sebanyak 1.436 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 117 orang dilaporkan meninggal dunia, sebanyak 932 orang dinyatakan sembuh, dan sisanya masih berada dalam perawatan.

Baca juga: IDI minta masyarakat terapkan protokol kesehatan secara ketat

Baca juga: IDI: Dalam sebulan 15 dokter tertular COVID-19 di Malang Raya


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020