Jakarta (ANTARA) - Layanan di Puskesmas Kecamatan Menteng harus ditutup selama tiga hari akibat beberapa petugas kesehatannya positif terpapar COVID-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Menteng Rusmala Dewi membenarkan penutupan fasilitas kesehatan untuk warga di Kecamatan Menteng itu.

"Iya benar, ada tenaga medis sekitar 4 orang (terpapar COVID-19). Untuk jumlah pastinya nanti saya cek lagi ya. Karena itu mulai besok kita tutup hingga tiga hari ke depan," ujar Rusmala saat dihubungi di Jakarta Pusat, Selasa.

Penutupan Puskesmas Menteng dimulai pada Rabu (16/9) hingga Jumat (18/9) untuk dilakukan sterilisasi dan memutus mata rantai potensi penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kepulauan Seribu aktifkan tempat isolasi COVID-19 di permukiman
Baca juga: DKI Jakarta tutup delapan perusahaan


Sterilisasi dilakukan dengan cara penyemprotan disinfektan dan pembersihan menyeluruh di gedung yang terdiri lebih dari dua lantai itu.

Karena itu, masyarakat yang biasanya melakukan perawatan medis akan dipindahkan ke Puskesmas terdekat yang tidak jauh dari Puskesmas Menteng.

"Semua mulai besok kita alihkan ke Puskesmas terdekat dan proses pelayanan kesehatan terhadap warga tetap berjalan,"ujar Dewi.
Baca juga: Sebanyak 221 pelanggar ditindak di hari pertama PSBB

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020