batu giok yang akan kita pasang di lantai masjid agung luasnya mencapai 800 meter persegi
Suka Makmue (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, mulai melakukan pemasangan batu giok di lantai Masjid Agung Baitul A’la di Komplek Perkantoran Suka Makmue, untuk mewujudkan destinasi wisata religi baru di Aceh.

“Untuk tahap pertama ini, jumlah batu giok yang akan kita pasang di lantai masjid agung luasnya mencapai 800 meter persegi,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Tamarlan di Suka Makmue, Kamis.

Baca juga: Masjid Agung Nagan Raya Aceh akan gunakan 7.000 meter batu giok

Ia juga menjelaskan, pada 2020 ini pemerintah  setempat menganggarkan dana sebesar Rp7,9 miliar untuk memasang batu giok di bagian lantai, serta pengerjaan rabat beton di lokasi masjid.

Dengan luas 800 meter persegi batu giok yang akan dipasang di bagian lantai masjid, nantinya diharapkan akan dapat menampung jumlah shaf jamaah mencapai 13 shaf.

Baca juga: Giok Aceh siap mendunia

Baca juga: Giok dan Alquran kuno di ajang MTQ Aceh


Sementara kebutuhan total batu giok yang akan dipasang di seluruh bagian lantai dan dinding masjid agung, kata dia, diperkirakan mencapai sekitar 7.000 meter persegi.

Tamarlan mengatakan, pihaknya menargetkan keseluruhan batu giok akan tuntas dipasang pada tahun 2022.

Ia mengharapkan masjid itu menjadi ikon wisata islami baru di Aceh, karena sebagian besar di bangunan masjid tersebut dipasang batu alam giok yang terdapat di Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Baca juga: Aceh promosikan batu giok ke Hongkong

Baca juga: Nagan Raya siapkan 7.000 m2 batu giok untuk Masjid Baitul 'Ala

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020