pasien tersebut atas nama AS (50) yang berasal dari Kelurahan Simpang Rumbio
Solok (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Solok, Sumbar, bertambah menjadi 94 orang setelah satu orang pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokomp) Kota Solok, Nurzal Gustim di Solok, Jumat, mengatakan pasien tersebut atas nama AS (50) yang berasal dari Kelurahan Simpang Rumbio.

Selain itu, ia mengatakan berdasarkan laporan hasil pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang terhadap pemeriksaan 123 sampel yang dikirim Posko COVID-19 Banda Panduang pada Senin (21/9), dinyatakan negatif.

Baca juga: Total 66 pasien positif COVID-19 di Solok dinyatakan sembuh

"Sampai saat ini terkait perkembangan komposisi data kasus positif COVID-19 di Kota Solok mencapai 130 orang," kata dia.

Ia merinci yakni terdiri atas 94 orang dinyatakan sembuh, tujuh orang tengah menjalani isolasi di Posko Banda Panduang, empat orang dirawat di RSUD M Natsir, satu orang menjalani perawatan di RS Bhayangkara Padang, 23 orang menjalani isolasi mandiri, dan meninggal satu orang.

Melihat perkembangan kasus COVID-19 dari hari ke hari di Kota Solok, ia juga mengimbau masyarakat Kota Solok tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga: Wali Kota Solok Zul Elfian dinyatakan sembuh dari COVID-19

"Yakni dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas di luar rumah," ujar dia.

Selain itu, ia juga mengimbau warga Kota Solok yang baru melakukan aktivitas perjalanan luar daerah terutama dari daerah zona merah atau terdapat kasus positif COVID-19, diharapkan segera melakukan tes usap.

"Baik itu yang telah disediakan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di bandara atau langsung ke Posko COVID-19 Banda Panduang Kota Solok. Untuk mendeteksi lebih dini kondisi kesehatan," jelas dia.

Baca juga: Dua pasien baru positif COVID-19 Solok satu klaster dengan pasien 02

Ia juga mengajak masyarakat untuk tetap meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih.

"Selain itu, mari kita bersama senantiasa berdoa agar saudara-saudara kita yang positif COVID-19 diberikan kesembuhan dan tidak ada lagi penambahan kasus positif," lanjut dia.

Ia juga mengingatkan pasien yang telah sembuh dari COVID-19 agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari karena tidak menutup kemungkinan untuk dapat terinfeksi COVID-19 kembali. 

Baca juga: Tangani COVID-19, Solok Selatan-Sumbar tingkatkan peralatan medis RSUD

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020