Serang (ANTARA) - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melantik dua orang pejabat eselon II Pemprov Banten menjadi Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pandeglang dan Bupati Serang, di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Sabtu.

Dua pejabat Pemprov Banten yang dilantik menjadi Pjs bupati yakni Kepala Biro Pemerintahan, Gunawan Rusminto yang dilantik menjadi Pjs Bupati Pandeglang, dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Ade Aryanto yang dilantik menjadi Pjs Bupati Serang.

"Sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 74 Tahun 2016 disebutkan bahwa tugas utama Pjs kepala daerah adalah memfasilitasi penyelenggaraan pilkada dan serta menjaga netralitas ASN," kata Waiil Gubernur Banten Andika Hazrumy dalam pelantikan tersebut.

Baca juga: Gubernur Sutarmidji tekankan Pjs Bupati harus netral dalam Pilkada
Baca juga: Asisten 1 Pemprov Sulsel jabat Pjs Bupati Gowa


Untuk itu, Andika meminta Gunawan dan Ade segera melakukan konsolidasi dengan KPU, Bawaslu, TNI, Polri dan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemda
masing-masing agar kondusivitas, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta netralitas PNS terjaga selama tahapan Pilkada.

Wagub Banten juga meminta perangkat daerah Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang bersama 'stakeholder' untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Dikatakan Andika, Pemerintah Provinsi Banten telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2020 tentang tentang Penerapan Sanksi dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

"Ini tidak lepas dari agar pilkada kali ini yang diselenggarakan di tengah pandemi tetap dapat terselenggara dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi," katanya.

Wagub juga mengingatkan agar penyediaan alat pelindung diri (APD), sterilisasi bilik suara, sarung tangan dan hand sanitizer sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 diperhatikan secara seksama sehingga anggarannya dapat terakomodasi dalam anggaran penyelenggaraan pilkada oleh pemda masing-masing.

Sementara itu, usai pelantikan, Ade Aryanto mengatakan, ia siap melaksanakan amanat sebagai Pjs Bupati Serang tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Prinsipnya sebagai aparat pemerintah, saya siap dengan penugasan ini," katanya.

Ade mengaku akan segera melakukan konsolidasi internal di Pemkab Serang, dan eksternal dengan instansi terkait kaitannya dengan amanat Wagub untuk mensukseskan pilkada.

"Terlebih ini kan kondisi khusus dimana pilkada digelar ditengah situasi pandemi seperti ini," kata Ade.

Baca juga: KPU Kalteng anggarkan Rp5 miliar untuk APK-Bahan Kampanye
Baca juga: 11 paslon bupati di Babel sepakat patuhi prokes COVID-19

Pewarta: Mulyana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020