Jakarta (ANTARA) - Saat ini banyak cara yang dilakukan para orang tua guna mencegah menularnya virus corona kepada anak-anak, salah satunya menggunakan antiseptik dalam sebuah disinfektan.

Namun terkadang, bahan-bahan kimia dalam antiseptik bisa menjadi sumber alergi yang bisa mengganggu pernapasan anak.

Founder merek perawatan tubuh bayi dan anak asal Indonesia, Beauty Barn Indonesia, Welly Ng mengatakan ada banyak bahan alami yang bisa menjadi bahan antiseptik yang aman bagi anak-anak.

"Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan natural dari alam yang ketika diformulasikan bersama-sama, bisa menjadi bahan antiseptik yang bukan hanya aman bagi anak-anak, tetapi juga untuk ibu hamil, menyusui dan untuk mereka yang memiliki alergi pernapasan pada aroma yang menyengat akibat bahan kimia berbahaya yang ada di dalam disinfektan tersebut," Kata Welly dalam keterangan pers di Jakarta pada Selasa.

Salah satu bahan alami yang bersifat antibakteri menurut Welly adalah kayu manis.

"Menurut penelitian dari Swinburne University of Technology oleh Dr Sanjida Topa, senyawa Cinnamaldehyde (CAD) yang ada dalam aroma dan citarasa kayu manis yang unik, ternyata dapat menerobos biofilms, lapisan pelindung yang dibangun oleh bakteri untuk menyerang sistem imun kita melalui infeksi," kata dia.

Selain itu, kayu manis juga disebut memiliki khasiat anti-fungal atau anti-jamur.

"Umumnya dalam udara terdapat begitu banyak bakteri juga virus ditambah kelembaban juga suhu yang terus berubah, kadang kita sering menemukan jamur di sekitar kita," kata dia.

Selain kayu manis, lemon juga disebut ampuh sebagai antiseptik dan disinfektan karena memiliki karakter dapat menurunkan pH dalam lingkungan sehingga siklus hidup bakteri tidak dapat bertahan dalam pH yang rendah.

"Jika lemon dan kayu manis diformulasikan menjadi satu sebagai antiseptik dalam disinfektan, terutama jika tidak mengandung pewangi buatan, maka sesak napas yang sering dialami banyak orang ketika menghirup disinfektan akan dapat dihindari," kata dia.

Beauty Barn merilis produk disinfektan Vir-O yang diklaim aman untuk pernapasan anak-anak, ibu hamil, menyusui juga untuk mereka yang sensitif pada aroma menyengat serta memiliki alergi pernapasan.

"Tanpa menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti hydrogen peroxide, phthalates sebagai bahan pewangi juga tidak menggunakan alkohol tinggi. Dengan kandungan lemon dan kayu manis, Vir-O bisa menjadi pilihan yang aman bagi kesehatan pernapasan," kata dia.

Baca juga: Rekomendasi tiga bumbu dan herba agar makan sayur jadi lebih nikmat

Baca juga: Mencoba "DIY skincare"? Hindari lima bahan ini

Baca juga: Bahan sederhana untuk hentikan pendarahan hebat saat menstruasi

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020