Yoga jadi alternatif tenangkan tubuh dan pikiran saat pandemi

Yoga jadi alternatif tenangkan tubuh dan pikiran saat pandemi

Ilustrasi. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Olahraga yoga, bisa menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan tubuh dan pikiran dari sejumlah "efek samping" karena pandemi COVID-19, seperti misalnya kecemasan dan pergerakan yang dibatasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kesehatan mental sangat penting untuk melewati masa-masa sulit ini. Kebanyakan orang tidak dapat bersantai dan secara paksa mencoba untuk rileks yang menghasilkan stres lebih besar,” ucap Mudit Dandwate, seorang profesional yoga dan salah satu pendiri Dozee, melalui keterangannya, Kamis.

Menurutnya, kecemasan atau stres biasanya memicu sistem saraf simpatik seperti peningkatan tekanan darah, otot tegang, kurang konsentrasi, dan pernapasan lebih cepat.

Mudit mengatakan, latihan yoga bisa membantu untuk menenangkannya. Yoga memiliki pose peregangan yang bisa mengurangi ketegangan pada otot dan persendian, serta dapat membantu mengendurkan sistem simpatik.

Saraf simpatik ini berada di pangkal sumsum tulang belakang di daerah dada dan pinggang, yang fungsinya untuk mempercepat kerja organ-organ tubuh.

Baca juga: Terlalu banyak berpikir? Begini cara mengatasinya

Baca juga: Mulailah bermeditasi demi hindari sakit


Ada banyak pose yoga yang sangat baik untuk mengelola tekanan darah sehingga mengurangi gejala kecemasan.

Bagi pemula, Mountain Pose pada dasarnya adalah gerakan yoga dasar untuk semua pose berdiri.

Kemudian ada Seated Pose yakni duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks.

Sementara, Three Pose mengandalkan keseimbangan dengan berdiri satu kaki dan melatih fokus.

Gerakan selanjutnya adalah Standing Pose dengan cara mengangkat kaki kanan menghadap ke atas hingga membentuk sudut 45 derajat, kemudian tangan kanan meraih kaki kanan tersebut.

"Gerakan ini berguna untuk membantu peregangan di tubuh pada bagian depan seperti bahu, perut, dada, dan pinggul," kata Mudit.

Gerakan lain yang bisa dicoba adalah Child Pose yakni posisi duduk bersimpuh, lalu condongkan badan ke depan hingga paha dan kepala bisa menyentuh lantai dengan menjulurkan tangan ke depan.

Bagi yang merasa sakit di punggung dapat mencoba Back Pain Pose. Diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 45 derajat.

Beberapa contoh pose dalam yoga tersebut dalam dilakukan selama 20 menit setiap hari sehingga membantu kamu dalam mengatasi stres dan kecemasan.

Di saat melakukan yoga dan meditasi, tentunya kita memerlukan suasana yang tenang dan rileks. Penggunaan gawai pun bisa membantu hal tersebut, seperti misalnya diiringi berbagai jenis suara alam dan bisa diputar dari perangkat.

Perangkat dan fitur seperti OPPO Relax juga memiliki pilihan "Breathing", yang bisa digunakan pengguna untuk mengatur durasi pernapasan, dan akan memperoleh petunjuk untuk melakukan pernapasan yang baik agar proses relaksasi bisa menyeluruh.

Baca juga: 5 tips meningkatkan kesehatan mental tahun 2019

Baca juga: Di Borobudur segera dibangun pusat meditasi dan yoga

Baca juga: Empat cara atasi sulit tidur karena terbangun tiba-tiba
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020