Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita politik pada hari Sabtu (19/9) masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari RUU Cipta Kerja disetujui untuk dibawa ke rapat paripurna hingga sejumlah fraksi menolak hal tersebut.

Berikut rangkuman berita hukum sepanjang Sabtu (3/10) selengkapnya.

1. Baleg setuju RUU Ciptaker dibawa ke Rapat Paripurna DPR

Rapat Kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI bersama pemerintah dan DPD RI, Sabtu malam, menyetujui Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) dibawa ke Rapat Paripurna DPR untuk disetujui menjadi undang-undang.

Selengkapnya tentang RUU yang diusulkan Presiden dan merupakan RUU Prioritas Tahun 2020 dalam Program Legislasi Nasional Tahun 2020 itu dapat dibaca di sini.

2. Tolak setujui RUU Ciptaker, F-Demokrat minta dibahas kembali

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Hinca Pandjaitan mengatakan fraksinya menolak Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja (RUU Ciptaker) disetujui menjadi UU karena banyak hal yang harus dibahas kembali secara mendalam dan komprehensif.

Selengkapnya catatan kritis F-Demokrat terkait RUU Ciptaker dapat dibaca di sini.

3. FPKS DPR tolak RUU Ciptaker jadi UU

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR RI menolak penetapan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) pada pengambilan keputusan tingkat I atas hasil Pembahasan RUU tentang Cipta Kerja oleh Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Sabtu malam.

FPKS menyebut substansi pengaturan yang terdapat dalam RUU Ciptaker memiliki implikasi yang luas terhadap praktik kenegaraan dan pemerintahan di Indonesia.

Selengkapnya pendapat FPKS dapat dibaca di sini.

4. Politikus PAN: Slogan PAN adalah Amien Rais sudah berlalu

Politikus Partai Amanat Nasinal (PAN) Guspardi Gaus slogan "Amien Rais adalah PAN dan PAN adalah Amien Rais" sudah berlalu sejak pendiri partai berlambang matahari putih itu mendirikan partai baru.

Selengkapnya pendapat Guspardi Gaus mengenai pemberitaan deklarasi Partai Ummat oleh Amien Rais dapat dibaca di sini.

5. Kasad harapkan olah raga jadi sarana komunikasi dengan masyarakat

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengharapkan wadah olahraga yang ada di Kodam V/Brawijaya dapat meningkatkan hubungan komunikasi TNI dengan masyarakat umum.

Selengkapnya kegiatan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa saat berkunjung ke Surabaya dapat dibaca di sini.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020