KPU Surakarta buka pendaftaran anggota KPPS Pilkada 2020

KPU Surakarta buka pendaftaran anggota KPPS Pilkada 2020

Ketua KPU Kota Surakarta Nurul Sutarti saat menjelaskan tahapan rekrutmen anggota KPPS dalam Pilkada Surakarta 2020, di Solo, Selasa (6/10/2020). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta membuka pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai 7-13 Oktober 2020 mendatang untuk persiapan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2020, .

"KPU tahapan rekrutmen anggota KPPS mulai membuka pendaftaran Rabu (7/10) hingga tujuh hari ke depan, untuk persiapan Pilkada Surakarta 2020," kata Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, di Solo, Selasa.

Menurut Nurul Sutarti dibutuhkan sebanyak 8.617 anggota KPPS Pilkada Surakarta untuk bertugas di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Pada Pilkada Surakarta ada sebanyak 1.231 TPS yang tersebar di lima kecamatan. Pada setiap TPS nanti bertugas tujuh anggota KPPS," kata Nurul Sutarti.

Baca juga: Pilkada Kapuas Hulu buka pendaftaran 5.635 petugas KPPS
Baca juga: KPU Makassar cari 21.510 orang petugas KPPS
Baca juga: KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu akan rekrut 5.075 anggota KPPS


Nurul mengatakan bagi warga yang tertarik menjadi anggota KPPS Pilkada 2020 segera mengunduh formulir dan persyaratan melalui laman KPU Surakarta.

Nurul mengatakan syarat pendaftaran menjadi anggota KPPS antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), usia maksimal 20 tahun, tidak menjadi anggota parpol, tidak pernah dipenjara, tidak pernah diberhentikan tetap oleh KPU, belum pernah menjabat dua kali dalam jabatan sama.

Selain itu, peserta pendaftar calon anggota KPPS tidak dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, tidak punya riwayat penyakit dan bersedia mengikuti tes cepat pada masa pendemi COVID-19.

Menurun Nurul peserta calon anggota KPPS harus memenuhi semua syarat tersebut termasuk kelengkapan dokumen administrasi yang bersangkutan.

"Peserta menyiapkan kelengkapan dokumen administrasi antara lain, foto copy e-KTP, surat pernyataan bermeterai, foto copy ijazah SMA, surat kesehatan, daftar riwayat hidup, dan foto ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar. Pada proses seleksi tetap menetapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pada Pilkada Surakarta 2020 yang bakal digelar pada 9 Desember mendatang, akan diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 1 Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung Parpol PDIP, dan nomor urut 2 Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur perseorangan. 
Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020