Tanjungpinang (ANTARA News) - Kolonel Laut (P) Djoko Teguh Wahojo resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) IV Tanjungpinang menggantikan Laksamana Pertama TNI SM Darojatim.

Djoko dilantik Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Marsetio di markas Lantamal IV Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Senin.

Upacara serah terima jabatan tersebut langgsung dipimpin Pangarmabar Laksamana Muda TNI Marsetio, yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri, HM Sani, Wali Kota Tanjungpinang, Bupati Bintan dan pejabat Kepri lainnya serta seluruh unsur Muspida di Kepri.

Dalam sambutannya, Pangarmabar Laksamana Muda TNI Marsetio mengatakan serah terima jabatan merupakan hal yang alamiah dalam sebuah organisasi.

Sebagai kaderisasi untuk kesinambungan dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap tantangan tugas ke depan.

"Diharapkan kinerja organisasi akan semakin efektif dan terus bergerak dinamis dari waktu ke waktu," kata Marsetio.

Dia menilai, selama kepemimpinan SM Darojatim, maka Lantamal IV telah mampu mengemban tugas sesuai tuntutan yang berkembang guna memenuhi komitmen TNI AL terutama Koarmabar.

"Secara objektif harus diakui, walaupun dengan kondisi yang sarat tantangan dan dinamika yang ada saat ini, Lantamal IV mampu mengemban tugas itu," ujarnya.

Dia berpesan kepada Danlantamal IV yang baru, Kolonel Laut (P) Djoko Teguh Wahojo agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan kepercayaan yang diberikan.

"Saya yakin dengan pengalaman penugasan sebelumnya bisa memanfaatkan kesempatan ini dalam rangka pengembangan potensi diri dan meraih prestasi. Pimpinlah jajaran Lantamal IV dengan penuh semangat dan motivasi serta inovasi yang tinggi," ujarnya.

Dia juga berharap kepada komandan yang baru, agar menigkatkan keimanan sebagai basis pengabdian jajaran Lantamal IV.

Menerapkan semangat baru TNI AL dalam melaksanakan tugas secara profesional sesuai koridor hukum dengan berlandaskan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL.

Selain itu, dia juga mengharapkan, pengamanan di perairan Indonesia terutama di wilayah barat dari berbagai ancaman dan pelanggaran hukum serta menindak tegas seluruh pelaku sesuai hukum.

"Ciptakan stabilitas keamanan melaui kebersamaan dan rasa kekeluargaan antara TNI, instansi pemerintah dan masyarakat," ujar Marsetio.

Laksamana Pertama SM Darojatim menjabat tugas baru sebagai Wakil Asisten Perencanaan dan Anggaran (Waasrena) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Sedangkan Kolonel Laut (P) Djoko Teguh Wahojo sebelumnya menjabat sebagai Sahli "C" Ops Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur.
(T.KR-NP/Z003/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010