Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa melepas keberangkatan para prajurit TNI Angkatan Darat yang akan menjalani latihan bersama dengan militer Amerika Serikat (US Army).
 
"Kami ingin secara resmi mengirimkan pasukan kami berlatih di Fork Folk. Saya pikir ini adalah salah satu momen terbesar dalam hubungan bilateral antara US Army dan TNI AD," kata Andika Perkasa dalam rilisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kasad beri arahan prajurit JRTC 21-01 yang akan ke AS
 
Pelepasan prajurit itu dipimpin oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa serta dihadiri oleh perwakilan US Army yaitu Direktur Latmah dari Kedubes Amerika Serikat yang berlangsung di Mabesad, Jakarta Pusat.
 
"Saya percaya ini akan berlanjut, kami akan mempersiapkan yang berikutnya, tahun depan mungkin kami akan mengirim lebih banyak lagi," kata dia.
 
Sebanyak 125 prajurit TNI AD diberangkatkan dalam latihan bersama dalam kegiatan Joint Readiness Training Center (JRTC) bersama Amerika Serikat tersebut.

Baca juga: Kasad bahas kerja sama program komponen cadangan dengan Australia
 
Sebanyak 125 prajurit itu telah melewati tes usap atau swab test COVID-19 sebagai pemenuhan standar protokol kesehatan yang berlaku.
 
Kegiatan Joint Readiness Training Center bersama Amerika Serikat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dalam merencanakan strategi serta penerapan proses pelatihan shot, move, dan communicated.
 
Pelatihan bersama tersebut dimanfaatkan oleh TNI AD dengan maksimal, dan diharapkan para prajurit yang berangkat dapat menempa ilmu yang diberikan.

Baca juga: Kasad terus matangkan komponen cadangan dan ketahanan pangan
 
Kemudian mereka bisa menurunkan atau membagikan pengalaman yang didapat ke masing-masing satuannya agar membuat TNI AD semakin kuat dan solid.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020