Pasien COVID-19 Padang Panjang bertambah 11 orang

Pasien COVID-19 Padang Panjang bertambah 11 orang

Sosialisasi peraturan daerah (Perda) tentang adaptasi kebiasaan baru di Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang.)

Padang Panjang (ANTARA) - Pasien COVID-19 di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat pada Jumat tercatat mengalami penambahan sebanyak 11 orang yang tersebar di lima kelurahan di daerah setempat.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Padang Panjang, Ampera Salim di Padang Panjang, Jumat, menyatakan penambahan pasien positif tersebut yakni empat warga Kelurahan Ganting, empat warga Silaing Bawah, dan masing-masing satu warga Silaing Atas, Balai-balai serta Bukit Surungan.

Sampai saat ini, terangnya kasus positif COVID-19 di Padang Panjang yang terjadi sejak Mei 2020 sudah mencapai 240 kasus.

"Dari jumlah tersebut, 169 pasien sudah dinyatakan sembuh dan sudah beraktivitas kembali dengan normal," katanya.

Sementara sisanya yakni sebanyak 70 orang harus menjalani isolasi yaitu 20 orang di RSUD Padang Panjang, 40 orang isolasi mandiri, sembilan pasien di Pusdiklat Baso dan satu orang dirawat di RSAM Bukittinggi.

"Dari semua kasus positif COVID-19 yang terjadi, juga terdapat satu pasien warga Kelurahan Kampung Manggis meninggal dunia pada Jumat (9/10) lalu," ujarnya.

Ia mengatakan karena masih terdapat penambahan kasus positif COVID-19, warga diminta agar selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 untuk menghindari risiko tertular virus corona jenis baru.

Selain itu di Padang Panjang juga sudah diberlakukan Peraturan Daerah Sumbar Nomor 6 tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 sehingga warga yang masih melanggar protokol kesehatan akan berhadapan dengan sanksi yang diatur dalam peraturan daerah tersebut.

"Peraturan itu bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan bersama pada protokol kesehatan sehingga segera memutus rantai penularan COVID-19," ujarnya.

Di samping protokol kesehatan pihaknya juga mengingatkan warga agar menjaga penerapan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, mencukupi kebutuhan air, olahraga dan istirahat cukup guna menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari penyakit.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Padang Panjang bertambah 3 jadi 181 orang

Baca juga: Guru-pustakawan di Padang Panjang COVID-19, tiga SMP diliburkan

Baca juga: Padang Panjang jalankan pembelajaran sehari di sekolah sehari di rumah

 
Pewarta : Mario Sofia Nasution
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020