Acara tersebut merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan peringkat Indonesia dalam Program International Student Assesment (PISA)
Jakarta (ANTARA) - Lebih dari 1.500 siswa dan siswi dari SMA di berbagai daerah di Indonesia mengikuti Pesta Sains Nasional yang diadakan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University secara daring.

"Pandemi COVID-19 menjadi tantangan untuk kita. Setiap tantangan akan menjadi peluang untuk menghasilkan inovasi-inovasi unggul yang kita nikmati saat ini," kata Rektor IPB University Prof Arif Satria melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu.

Arif berharap Pesta Sains Nasional dapat mendorong kreativitas para peserta karena mereka dituntut untuk memecahkan masalah. Menurut dia, kreativitas dapat menjadi modal untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Pesta Sains Nasional diselenggarakan selama dua hari, yaitu Sabtu (10/10) dan Minggu (11/10) 2020.

Terdapat berbagai macam lomba, antara lain statistika, meteorologi, biologi, kimia, matematika, komputasi, fisika, dan karya tulis ilmiah populer.

Dekan Fakultas MIPA IPB Universiity Dri Nurdiati mengatakan acara tersebut merupakan salah satu momentum untuk meningkatkan peringkat Indonesia dalam Program International Student Assesment (PISA).

PISA merupakan program penilaian pelajar internasional yang diselenggarakan tiga tahun sekali untuk menguji dan memeringkatkan penampilan akademis anak-anak di seluruh dunia. 

Baca juga: 35 Siswa SMK Ikuti Program Kewirausahaan IPB

Baca juga: Guru besar IPB paparkan potensi gambut kepada pelajar Siak

Baca juga: Pelajar DKI Jakarta juara olimpiade di Moskow

Baca juga: IPB Gagas SBT Kembangkan Bulutangkis Usia Pelajar


 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020