Pengunjung bisa mencoba berbagai produk lokal Indonesia mulai dari jamu, coklat, kopi sampai produk aromaterapi atau pun bisa langsung membeli produk yang didatangkan dari Indonesia
London (ANTARA) - Kantor Perwakilan Promosi Pariwisata Indonesia di Paris (VITO) membuat kegiatan promosi yang inovatif dan kreatif melalui La Maison de L’Indonesie atau House of Indonesia di Paris.

Kepala Kantor VITO, Eka Moncarre, kepada Antara London, Kamis mengatakan sambil menunggu wisatawan Perancis bisa berkunjung ke Indonesia lagi, La Maison de l’Indonésie membawa Indonesia ke Perancis melalui produk lokal dan gastronomi.

Diakuinya, pada masa pandemik saat wisatawan mancanegara belum bisa mengunjungi Indonesia karena adanya restriksi perjalanan yang masih ketat, promosi harus tetap dilakukan dengan kreatif dan inovatif.

Eka Moncarre yang juga pendiri House of Indonesia Paris (La Maison De L’Indonesie), mengatakan, setiap Jumat diadakan acara yang disebut “Happy Hour Indonesia” berupa pop-up store bertempat di kantor VITO di 22 rue Laplace 75005 Paris.

Baca juga: KBRI Moskow promosi kopi Indonesia

"Pengunjung bisa mencoba berbagai produk lokal Indonesia mulai dari jamu, coklat, kopi sampai produk aromaterapi atau pun bisa langsung membeli produk yang didatangkan dari Indonesia," ujarnya.

Selain itu juga tersedia jajanan pasar Indonesia yang disajikan secara gratis ke pengunjung. “Happy Hour Indonesia sudah berlangsung sejak awal Oktober mendapat sambutan dari warga Perancis yang ada di Paris,” ujarnya.

Selain acara Happy Hour pada Sabtu 31 Oktober mendatang Indonesia akan berpromosi di Weekend Market Le petit village international de gastronomie terletak di Place Baudoyer di pusat kota Paris di depan City Hall Paris.

Sejak dibentuknya Village International de la Gastronomie pada tahun 2017, Indonesia menjadi mitra setia festival yang pada 2018 Indonesia menjadi negara kehormatan.

Baca juga: Indonesia promosi budaya dan kuliner di Polandia

Tahun ini Indonesia kembali hadir mulai 31 Oktober hingga akhir Desember memperkenalkan kuliner Tanah Air yang kaya dan beragam.

Hal ini juga salah satu kesempatan untuk merayakan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Prancis-Indonesia

Di Weekend Market Le Petit Village International de la Gastronomie 2020 sekitar 23 negara akan menghadirkan produk dan hidangan ikonik dan akan berganti negara setiap minggu.

Indonesia akan hadir sampai bulan Desember. Weekend market ini juga akan dimeriahkan dengan tarian dan musik dari berbagai negara, demo cooking oleh chef internasional, dan ekspo buku gastronomi oleh Gourmand Book Award.

Selain menjual produk unggulan, La Maison de l’Indonésie bekerja sama dengan Restaurant Indonesia menjual makanan seperti nasi goreng, sate ayam, dan jajanan pasar. Kegiatan itu juga mendapat dukungan dari KBRI Paris dengan menyediakan tarian melengkapi promosi budaya Indonesia di Perancis pada November mendatang.

Baca juga: Promosi Indonesia di Kota Tua Warsawa tarik perhatian

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020