Hotel berbintang di Pekanbaru siap sambut tamu "long weekend"

Hotel berbintang di Pekanbaru siap sambut tamu

Penerapan protokol kesehatan di sebuah hotel di Kota Pekanbaru, Riau. ANTARA/HO-Dispar Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Bidang Pengembangan Sumberdaya Pariwisata, Dispar Riau, Rido Adriansyah mengatakan hampir seluruh hotel berbintang di Pekanbaru sudah mematuhi protokol kesehatan COVID-19 guna menyambut para tamu yang kemungkinan akan menghabiskan waktu libur cuti bersama pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2020.

Baca juga: Antisipasi COVID-19 saat cuti, warga Riau diminta tak ke luar daerah

Baca juga: Laju pertambahan kasus baru COVID-19 Riau melambat


"Kami sudah mengecek langsung ke lapangan. Mendatangi Hotel Bono, Grand Elite, The Zuri, Novotel dan beberapa hotel lainnya. Mulai dari pintu masuk, lobi, tempat makan, kolam renang, kafe, hingga kamar tidur kami cek. Hasilnya, pihak pengelola hotel telah siap mematuhi protokol kesehatan COVID-19," kata Rido dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Senin.

Dispar Riau telah menyosialisasikan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 440/5876/SJ dan Pengumuman Gubernur Riau nomor 310/PENG/2020, tentang Antisipasi Penyebaran COVID-19 pada Libur dan Cuti Bersama Tahun 2020.

Menurut dia, kemungkinan masyarakat akan menghabiskan libur bersama di Kota Pekanbaru terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) karena ada larangan dari Gubernur Riau untuk bepergian ke luar provinsi, guna mencegah penyebaran COVID-19.

Dinas Pariwisata Riau juga telah mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan masyarakat dan meminta agar mentaati protokol kesehatan dengan baik. Kemudian, memastikan tidak ada kerumunan yang menyebabkan tidak bisa jaga jarak (social distancing).

Ia mengatakan pelaku sektor pariwisata agar membatasi jumlah wisatawan dan pengunjung sampai dengan 50 persen.

“Mencegah terjadinya pesta dengan kerumunan terbuka atau tertutup yang membuat tidak bisa jaga jarak, dan termasuk penggunaan pengeras suara yang menyebabkan orang berkumpul secara masif,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau, hingga Senin siang kasus COVID-19 secara akumulatif terdapat 13.546. Dari jumlah tersebut, ada 9.665 orang yang sudah dinyatakan sembuh.

Jumlah pasien yang masih membutuhkan perawatan di rumah sakit ada 607 orang, dan yang melakukan isolasi mandiri ada 2.971 orang. Sementara itu, jumlah pasien COVID-19 yang telah meninggal dunia ada 303 orang.

Baca juga: Rekomendasi wisata dekat rumah untuk "long weekend"

Baca juga: "Long weekend", lalin jalan protokol di Jakarta ramai lancar

Baca juga: Ide mengisi "long weekend" dengan WhatsApp

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020