Pemkot Banda Aceh bantu modal 100 UMKM terdampak COVID

Pemkot Banda Aceh bantu modal 100 UMKM terdampak COVID

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan bantuan modal dan peralatan usaha bagi pelaku UMKM terdampak COVID-19 di Banda Aceh, Rabu (28/10/2020). ANTARA/HO Pemkot Banda Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh menyerahkan bantuan modal usaha dan peralatan kepada 100 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat yang terdampak COVID-19.

"Bantuan senilai Rp1 juta bagi masing-masing pelaku UMKM yang terkena dampak COVID-19 dan belum tersentuh bantuan apapun dari pemerintah," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Banda Aceh, Rabu.

Baca juga: Sektor UMKM di Aceh mulai jajaki pasar digital

Selain itu, Aminullah juga menyerahkan bantuan peralatan kerja dan becak dari alokasi dana aspirasi dewan kepada 40 pengusaha kecil lainnya di Banda Aceh.

Ia menyampaikan bantuan tersebut diserahkan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kepada warganya.

"Apa saja yang bisa dibantu akan kita upayakan bagi warga yang membutuhkan dan mohon jangan dinilai dari segi jumlah yang diberikan," ujarnya.

Aminullah berharap kepada para penerima agar dapat menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan usaha yang menghasilkan, serta dapat memotivasi semua pelaku usaha agar mampu tetap bertahan di tengah pandemi ini.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPRK Banda Aceh yang sudah memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM melalui dana aspirasinya yang dititipkan kepada eksekutif.

"Mudah-mudahan dengan upaya dan sinergisitas kita semua, UMKM bisa bangkit dan menjadi tulang punggung perekonomian kota," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Banda Aceh M Nurdin menyampaikan selain membagikan bantuan kepada pelaku usaha yang terdampak COVID-19, juga diprioritaskan bagi pengusaha kecil yang sudah berkeluarga, namun belum terakses pembiayaan dari perbankan.

"Tahap pertama ini kita berikan kepada 100 penerima dan insya Allah minggu depan akan kita upayakan penyaluran bantuan modal kerja tahap kedua untuk 100 orang lagi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kota Banda Aceh juga menyerahkan penghargaan kepada empat koperasi berprestasi dan dana pembinaan kepada Primkop Kartika Hesti Wira Sakti, Koperasi Karyawan Bank Bukopin, Koperasi Karyawan BRI, dan Primkopad Kartika Kopota Yudha.

Baca juga: Wali kota: UMKM produksi masker, dukung penanganan corona
Pewarta : Rahmat Fajri
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020