Jakarta (ANTARA) -
Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milennial DPP Partai NasDem Lathifa Al Anshori mengatakan partai besutan Surya Paloh itu konsisten peduli terhadap kaum muda.
 
"NasDem adalah parpol yang peduli terhadap anak muda. Partai NasDem sudah dikenal dengan kebijakannya yang mendukung dan merangkul anak muda utamanya untuk berpolitik. Salah satu buktinya adalah banyak keterwakilan kelompok muda dalam kontestasi pemilu," kata Lathifah dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis.
 
Selain itu, Partai NasDem juga membangun Akademi Bela Negara (ABN) yang merupakan sekolah untuk kader NasDem dengan rentang usia mulai dari 23 hingga 30 tahun.

Baca juga: NasDem: Santri miliki peran penting pertahankan kemerdekaan
 
"Selama ini mayoritas para peserta merupakan generasi milenial pemula dalam berpolitik yang sebelumnya tidak pernah berpartai," kata Lathifah.
 
Selain ABN, menurut dia, juga ada Garda Pemuda (GP) NasDem yang merupakan wadah bertautnya angkatan muda, gagasan muda, dan energi progresif pemuda NasDem.
 
Mengenai peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, kata dia, membuktikan perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.
 
"Sumpah Pemuda juga mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa lewat ikrar sebagai satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa," katanya.
 
Dalam memperingati Sumpah Pemuda, Partai NasDem merilis stiker digital bernama Rubi yang dapat digunakan di aplikasi seperti WhatsApp.

Baca juga: Ketua MPR dorong kaum muda majukan perekonomian Indonesia
 
Tujuan NasDem merilis stiker ini adalah untuk lebih dekat dengan pemilih pemula dan milenial yang momennya bertepatan dengan Sumpah Pemuda.
 
Lathifa selaku pencetus ide dan kreator stiker Rubi mengatakan bahwa dalam membuat stiker Rubi dirinya terinspirasi dari warna biru yang merupakan warna kebesaran Partai NasDem dan kecenderungan bahasa non-formal anak-anak muda, teman-teman generasi milenial zaman sekarang.
 
Dalam membuat model stiker Rubi, Lathifa terinspirasi dari banyaknya model stiker di berbagai media sosial atau di aplikasi chatting yang populer di kalangan anak muda, terutama yang bermodel squishy seperti di WhatsApp, LINE atau Telegram.
 
Visual ini adalah sebuah avatar dari asisten virtual Partai NasDem yang dinamai Rubi.

Baca juga: Anggota DPR ajak milenial terlibat aktif dalam politik
 
"Pada tanggal 11 November 2020, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-9 Partai NasDem, Nasdem akan meluncurkan asisten virtual Partai NasDem yang bisa diakses dari berbagai platform media sosial yang sering dipakai oleh khalayak," kata Lathifah.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020