Gabungan komunitas Jayapura gelar donor darah pecahkan rekor MURI

Gabungan komunitas Jayapura gelar donor darah pecahkan rekor MURI

Gabungan 11 komunitas di Jayapura menyerahkan bantuan bagi warga korban kebakaran di Dok 9 sebelum melaksanakan kegiatan donor darah. ANTARA/HO-Humas Gabungan Komunitas Jayapura.

Jayapura (ANTARA) - Gabungan 11 komunitas di Jayapura menggelar kegiatan donor darah dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda sekaligus pembuatan rekor donor darah dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Agus Mardinata penanggung jawab kegiatan dalam siaran persnya kepada Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan tema yang diusung dalam kegiatan donor darah ini adalah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri".

"Kegiatan ini diikuti SSFC, JAXCOM, YVCI, ARCI dan YR15CI Jayapura serta YVCI Sentani yang tergabung dalam Bold Riders Jayapura, selanjutnya, dari komunitas Super Fans terdiri dari Viking Papua, Bonek Jayapura, Juventini Jayapura peserta lainnya berasal dari komunitas yang tergabung dalam Super Family meliputi Paguyuban Sunda Ngumbara juga Info Warga Jember," katanya.

Baca juga: Persediaan darah menurun, PMI Sukabumi ajak masyarakat berdonor

Menurut Agus, dari 125 peserta yang hadir, berhasil terkumpul 83 kantong darah, di mana hal ini menjadi bukti begitu peduli dan antusiasnya teman-teman untuk mendonorkan darah.

"Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor MURI, di mana rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak," ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

"Komunitas yang terlibat program donor darah ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa," katanya lagi.

Baca juga: PDS PatKLIn: Jangan takut donor darah di masa pandemi

Dia menambahkan kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda, di mana kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" Hari Qurban pada Juli.

Sekadar diketahui, sebelum melakukan aksi donor darah, perwakilan dari gabungan komunitas ini lebih dulu menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Kampung Tengah, Dok 9, Kota Jayapura. Kebakaran yang terjadi pada Senin (19/10) tersebut menghanguskan sekitar 150 rumah warga.

Baca juga: PMI DKI pastikan persediaan darah cukup untuk empat hari
Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020