ada sekitar 2.412 pengunjung di Kota Tua
Jakarta (ANTARA) - Pengunjung kawasan wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat mencapai 2.412 orang atau melonjak dari hari pertama cuti bersama pada akhir Oktober ini.

"Pada Jumat ini, ada sekitar 2.412 pengunjung di Kota Tua. Angka itu melonjak dari hari pertama cuti bersama yang hanya mencapai 251 pengunjung," ujar Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua Deddy Tarmizi, di Jakarta, Jumat malam.

Deddy merinci pada Selasa (27/10) pengunjung Kota Tua hanya mencapai 251 pengunjung. Angka itu terus naik Rabu (28/10) mencapai 564 pengunjung.

Jumlah kunjungan sempat sedikit alami penurunan pada Kamis (29/10) yakni hanya mencapai 506. Namun, pada Jumat (30/10) jumlahnya melesat tajam menjadi 2.412 pengunjung.

Selain itu, tercatat sebanyak 1.381 pengunjung tercatat mengunjungi kawasan Pecinan, Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat. Sisanya 1.031 memilih mengunjungi kawasan Kota Intan.

"Pada Jumat ini, seluruh pengunjung merupakan turis lokal," jelas Deddy.

Dengan demikian, katanya, selama Oktober 2020, kunjungan pada Jumat ini menjadi kunjungan tertinggi Kota Tua selama PSBB.

Deddy memastikan pengunjung mematuhi protokol kesehatan ketika berkunjung ke Kota Tua.

Pihaknya bekerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja PP DKI Jakarta Barat, menyasar pengunjung-pengunjung yang tidak tertib protokol kesehatan.

Kasatpol PP DKI Jakarta Tamo Sijabat mengatakan, kegiatan tertib masker berfokus di Kota Tua selama masa libur panjang.

"Selama cuti bersama ini, kegiatan tertib masker fokus digelar di Kota Tua. Seluruh tim kami fokus di sana," ujar Tamo.

Namun,  Tamo belum merinci angka pelanggar masker di Kota Tua karena masih dalam pendataan.

Baca juga: Kunjungan wisatawan Kota Tua tembus satu juta pengunjung
Baca juga: Kawasan Kota Tua aman dikunjungi wisatawan

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020