Jambi (ANTARA) - Irjen Pol A Rachmad Wibowo resmi menjabat Kapolda Jambi menggantikan pejabat lama, Irjen Pol Firman Shantyabudi, yang mendapat jabatan barunya sebagai Aslog Kapolri.

Kapolri Jendral Polisi Drs Idham Aziz memimpin langsung upacara serah terima jabatan sejumlah Kapolda yang bertempat di gedung Rupatama Mabes Polri, Jum'at, termasuk jabatan Kapolda Jambi.

Acara serah terima jabatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan penanganan COVID 19. Adapun pergantian tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tanggal 16 November 2020.

Baca juga: Kapolri resmi lantik Irjen Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya

Dari surat telegram tersebut setidaknya ada tujuh Kapolda yang dimutasi, diantaranya adalah Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi, kemudian ada Kapolda Bali sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Dr Petrus R Golose dimutasikan sebagai Pati Bareskrim Polri (dalam rangka penugasan diluar Polri), Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra yang sebelumnya menjabat Widyaswara utama Sespim lemdik polri menjabat sebagai Kapolda Bali.

Irjen Pol Nana Sujana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya diangkat dalam jabatan barunya sebagai Koorsahli Kapolri, dan jabatan Kapolda Metro Jaya diisi oleh Irjen Pol Fadil Imran sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi diangkat dalam jabatan barunya sebagai Aslog Kapolri, dan jabatan Kapolda Jambi digantikan oleh Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaswara utama Sespim lemdik polri.

Adapun untuk Kapolda lainnya yang dimutasi adalah Kapolda Jatim, Kapolda Maluku, Kapolda Kalsel dan Kadiv Propam Mabes Polri.

Baca juga: Irjen Nico Afinta jabat Kapolda Jatim gantikan Fadil Imran

Setelah dilantik sebagai Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo nantinya akan berangkat ke Jambi pada hari Minggu (22/11) bersama istri dan akan dilaksanakan kenal pamit bersama Kapolda Jambi yang lama Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi di Mapolda Jambi.

"Terimakasih atas dukungannya semua pihak khususnya media, semoga Polda Jambi kedepanya bisa bekerja secara maksimal khususnya dalam penanganan tindak pidana serta Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19," kata Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Irjen Pol Drs Firman Shantyabudi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama dengan baik sehingga terciptanya situasi yang kondusif selama dirinya bertugas sebagai Kapolda Jambi.

"Peran media sangat membantu dalam tugas pokok polri, sehingga tercipta suasana yang damai, sejuk", kata Firman Shantyabudi.

Baca juga: Kapolri ganti Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020