Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemuda Muhammadiyah menjaga masa depan Indonesia dari berbagai ancaman saat menjadi pembicara dalam pembukaan rapat konsolidasi nasional Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sabtu.

Dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, Puan Maharani mengatakan kaderisasi generasi muda Muhammadiyah harus terus dilakukan untuk mempersiapkan masa depan Indonesia.

Baca juga: DPR: Indonesia miliki peluang maksimalkan transformasi ekonomi

"Dengan terus melakukan pengkaderan dan pembinaan generasi muda Muhammadiyah yang berpijak pada ajaran Islam dan kebangsaan dalam satu tarikan napas perjuangan, saya yakin Indonesia di masa yang akan datang tetap berdiri kokoh sebagai negara kebangsaan yang berdasarkan Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," kata Puan Maharani.

Arti penting dan strategisnya peran pemuda disebutnya juga pernah diungkapkan dalam salah satu pidato Presiden Sukarno yang berbunyi "Beri aku 1.000 orang tua maka aku akan pindahkan Gunung Semeru, tetapi cukup beri aku 10 orang pemuda niscaya aku akan guncangkan dunia."

Menurut Puan, ungkapan Presiden Sukarno tersebut memberikan gambaran akan pentingnya peran generasi muda bagi masa depan bangsa dan negara Indonesia.

Sementara dalam momen peringatan 108 tahun Muhammadiyah, ia berharap generasi muda Muhammadiyah dapat menerjemahkan cita-cita awal dan semangat pendirian Muhammadiyah serta kiprah dan tanggung jawabnya pada bangsa dan negara Indonesia.

"Jaga keberlangsungan dan kesinambungan negara dari berbagai rongrongan dan ancaman berbagai pihak, baik yang datang dari dalam maupun luar negeri," ujar Puan Maharani.

Baca juga: Puan harap Muhammadiyah terus konsisten perjuangkan Islam berkemajuan
Baca juga: Pemuda Muhammadiyah: Kedaulatan ekonomi penopang gerakan dakwah

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020