Gunung Kidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendistribusikan logistik alat pelindung diri di sejumlah tempat pemungutan suara pada Pemilihan Kepala Daerah 2020.

Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan logistik alat pelindung diri (APD) sudah tiba di Kantor KPU Gunung Kidul beberapa waktu lalu.

"Setelah tiba di KPU, sebagian langsung kami distribusikan ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). APD ini akan digunakan oleh petugas dan pemilih pada saat pencoblosan nanti," kata Ahmadi Ruslan Hani.

Baca juga: KPU Gunung Kidul sosialisasi tata cara pencoblosan

Ia mengatakan setidaknya ada 600 ribu APD yang diterima oleh KPU Gunung Kidul. APD tersebut berupa masker, pelindung wajah, sarung tangan, tempat cuci tangan, tempat pembuangan limbah medis, cairan disinfektan hingga alat penyemprotnya.

Pengadaan APD ini sesuai dengan situasi pelaksanaan pilkada yang berbeda kali ini. APD ini sangat dibutuhkan karena kondisi pandemi COVID-19, protokol kesehatan wajib dijalankan salah satunya dengan pengadaan APD tersebut.

"Sejumlah APD tersebut juga kami gunakan untuk simulasi hari ini (kemarin), untuk memastikan prosesnya sesuai pedoman," katanya.

Baca juga: Paslon Pilkada Gunung Kidul belum melakukan kampanye secara daring

Baca juga: KPU Gunung Kidul tetapkan 4 pasangan calon peserta Pilkada 2020


Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Gunung Kidul Andang Nugroho mengatakan seluruh TPS akan dibangun di area terbuka. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19. Jumlah pemilih tiap TPS pun dibatasi agar tidak terjadi kerumunan, yaitu maksimal 500 orang. Pembatasan dilakukan dengan menerapkan jam kedatangan sesuai yang tertera di undangan.

"Saat mencoblos nanti, pemilih juga diberikan sarung tangan plastik dan wajib masker. Sementara petugas dibekali pelindung wajah, masker, dan sarung tangan karet," kata Andang.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker #cucitanganpakaisabun #jagajarak

Pewarta: Sutarmi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020