Pharell Williams rilis produk skincare untuk semua gender

Pharell Williams rilis produk skincare untuk semua gender

Pharrell Williams (Ik Aldama/picture-alliance/Cover)

Jakarta (ANTARA) - Musisi sekaligus pengusaha Pharell Williams merilis produk perawatan kulit, skincare, terbaru bernama "Humanrace Skincare".

Produk tersebut diteliti dan dikembangkan oleh ahli yang telah merawat kulit Pharrell selama lebih dari 20 tahun, Dr. Elena Jones.

Produk perawatan kulit itu cocok dipergunakan oleh semua gender yang disebut "The Three-Minute Facial", terdiri dari Rice Powder Cleanser (bubuk pembersih), Lotus Enzyme Exfoliator (produk pengelupas kulit) dan Humidifying Cream (krim pelembap).

"Kami ingin mendemokratisasikan pengalaman mencapai kebugaran," kata Williams dikutip dari Guardian pada Selasa.

Mengenai perbedaan tipis soal biologis antara kulit pria dan wanita, seperti kadar testosteron dan kolagen, pada dasarnya "kulit pria dan wanita memiliki anatomi yang sama, dengan lapisan epidermis dan dermal serta jenis sel yang sama", kata dokter kulit Dr Anita Sturnham, meskipun produk perawatan kulit dipasarkan dengan cara gender selama beberapa dekade.

Baca juga: Tips rawat kulit bagi "working mom" ala Sandra Dewi

Baca juga: Menjaga wajah tetap "glowing" di masa pandemi


Skincare dan Generasi Z

Beberapa tahun terakhir, industri kecantikan telah merangkul inklusivitas, dengan merek seperti Asos menggabungkan bagian perawatan pria dan wanita menjadi bagian wajah dan tubuh.

Blogger seperti James Charles (5,1 juta pengikut di Instagram), Patrick Starrr (4,5 juta) dan Jake James telah mendefinisikan ulang wajah glamor netral gender untuk Generasi Z.

"Evolusi cita-cita kecantikan dari cis primer, putih, tubuh langsing dan hetero sudah lama dibuat," kata Laura Kraber, pendiri Fluide, merek riasan netral gender. "Baru belakangan ini kelompok yang kurang terwakili benar-benar dimasukkan oleh media arus utama dan perusahaan mode dan kecantikan," katanya.

"Kami fokus pada jenis kulit dan bukan jenis kelamin," kata Elsie Rutterford dari BYBI, yang melaporkan peningkatan pelanggan pria dalam 12 bulan terakhir. "Ini bisa jadi karena perawatan kulit secara umum menjadi konsep yang lebih netral gender," kata salah satu pendiri merek, Dominika Minarovic.

Sepertiga pasangan pria dan wanita berbagi produk kecantikan, menurut penelitian dari Natural Spa Company, sedangkan pasar kecantikan pria di Inggris akan bernilai 1,62 juta poundsterling pada tahun 2021, menurut Euromonitor.

Ini menandai pergeseran yang menunjukkan perpindahan dari makna kecantikan yang dipimpin patriarki. "Ini menciptakan ruang untuk menjadi sarana pemberdayaan ekspresi diri untuk semua," kata Kraber.

Masalah netralitas gender sangat penting bagi pelanggan muda yang menjadi sasaran merek. Menurut laporan Pew Research Center tahun lalu, 35 persen Generasi Z (kira-kira mereka yang lahir di akhir 90-an dan awal 2000-an) yang disurvei mengenal seseorang yang lebih suka menggunakan kata ganti netral gender (dibandingkan dengan seperempat milenial).

"Generasi Z memainkan peran penting dalam masyarakat untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang gender," kata Jessica Blackler, pendiri merek makeup netral gender Jecca Blac.

Pembeli tersebut berharap merek mengenali dan mencerminkan identitas mereka. "Konsumen Gen Z memprioritaskan merek yang memiliki nilai inklusivitas dan keberlanjutan yang sama," kata Kraber. "Mereka adalah yang paling beragam secara ras dan etnis dalam sejarah."

Williams yang berusia 47 tahun, selalu membuat penasaran orang-orang karena kulitnya begitu sehat dan bercahaya.

Tahun lalu berbicara tentang kulit Williams yang bercahaya, Frank Ocean mengatakan kepada GQ: "Sudah bertahun-tahun ini dan Pharrell masih belum memberi kami kuncinya, dia hanya mengatakan 'eksfoliasi' tetapi bukan hanya 'terkelupas' - kami membutuhkan lebih banyak kunci. "

"Kunci" di Humanrace mencakup bahan-bahan pembersih bubuk beras, pengelupas enzim teratai, dan krim pelembab.

Bagi Kraber, ini hanyalah permulaan. “Masa depan kecantikan adalah gender yang ekspansif,” katanya. "Ini akan menjadi kurang preskriptif dan lebih individualistis, tidak terlalu membatasi dan lebih menyenangkan."

Baca juga: Pharrell namai anaknya dari judul lagu Elton John

Baca juga: Dehidrasi hingga radikal bebas, ini dia penyebab kulit wajah kusam

Baca juga: Mengintip "pouch" riasan dan perawatan kulit Sandra Dewi
Pewarta : Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020