Tes cepat tersebut disebar ke empat titik kawasan tersebut, dengan menargetkan 1.000 warga yang memeriksakan kesehatannya
Jakarta (ANTARA) - Memperingati Hari Ulang Tahun Kodam Jaya, Kodim 0501 JP/BS menggelar tes cepat COVID-19 massal di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tes cepat tersebut disebar ke empat titik kawasan tersebut, dengan menargetkan 1.000 warga yang memeriksakan kesehatannya.

Baca juga: Kapolsek Metro Tanah Abang sembuh dari COVID-19

"Kami paham banyak warga yang mungkin takut dengan hasilnya nanti. Tapi kami menjamin setelah rapid test apabila reaktif, akan kami beri perawatan," ujar Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief di Jakarta, Jumat.

Luqman mengatakan tes cepat COVID-19 digelar seharian ini. Tes kali ini akan jauh lebih efektif lantaran personel TNI, Polisi, Petugas Puskesmas, dan SKPD Kelurahan Petamburan akan melakukan jemput bola ke masyarakat sekitar.

"Apabila mereka tidak datang untuk 'rapid test' maka akan kami hampiri dan bujuk," ujar Luqman.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya tegaskan temuan tindak pidana di Petamburan

Lokasi tes cepat yakni di depan lapangan BMW persis depan Kelurahan Petamburan, lapangan RT 5 RW 4, lapangan futsal RT 15 RW 4 dan sekolah SD 01 Petamburan.

Luqman mengatakan pemeriksaan lebih dini akan potensi COVID-19 jauh lebih baik dibanding mengabaikan penyebaran virus tersebut.

Apabil hasil tes cepat warga dinyatakan reaktif, maka pihak dari Kodim 0501/JP akan melanjutkan dengan tes usap antigen COVID-19.

Pihak Puskesmas Tanah Abang juga menyediakan ruang isolasi di Wisma Atlet atau Hotel yang sudah ditetapkan pemerintah untuk warga.

Baca juga: Polda Metro Jaya kembali gelar tes cepat massal di Petamburan

Kegiatan lainnya dalam tes cepat massal bagi warga di Petamburan yakni penyemprotan cairan disinfektan, pengecetan kampung, dan pembagian sembako kepada warga yang memeriksakan kesehatannya.

#satgascovid19

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020