Jakarta (ANTARA) - Laporan perusahaan riset teknologi informasi, Gartner, menunjukkan Xiaomi mengungguli Apple ke posisi no.3 untuk pertama kalinya pada kuartal ketiga tahun 2020.

Xiaomi tercatat menjual 44,4 juta unit, sedangkan Apple menjual 40,5 juta unit, turun 0,6 persen dibandingkan pada 2019.

"Sedikit penurunan ini terutama disebabkan oleh penundaan pengiriman Apple dari generasi baru iPhone 2020, yang pada tahun-tahun sebelumnya akan selalu dimulai pada pertengahan/akhir September. Tahun ini, acara peluncuran dan pengiriman dimulai 4 minggu lebih lambat dari biasanya," wakil presiden riset di Gartner, Annette Zimmermann, dikutip dari situs resmi Gartner, Selasa.

Di antara lima produsen smartphone teratas, Samsung memegang posisi No. 1 dengan pangsa pasar 22 persen. Kemudian disusul oleh Huawei dengan pangsa pasar 14,1 persen, sementara Oppo menutup lima besar dengan pangsa pasar 8,2 persen.

Samsung dan Xiaomi adalah satu-satunya vendor di lima besar yang mengalami pertumbuhan pada kuartal ketiga tahun 2020. Samsung diuntungkan dari posisinya yang kuat di antara pengguna Android dan mencatatkan penjualan sebesar 80,8 juta unit.

Baca juga: Makin canggih, berikut spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 9

Baca juga: Xiaomi rangkum kenaikan pendapatan dan laba di kuartal III


Xiaomi tumbuh 34,9 persen pada kuartal ketiga tahun 2020, mengamankan 12,1 persen pangsa pasar dan melewati Apple ke posisi No. 3. Xiaomi mendapat keuntungan dari kerugian Huawei termasuk performa yang kuat di China.

Sementara itu, penjualan smartphone di seluruh dunia kepada pengguna akhir berjumlah 366 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2020, turun 5,7 persen dari kuartal ketiga tahun 2019, menurut Gartner.

Secara keseluruhan penjualan ponsel global ke pengguna akhir mencapai 401 juta unit, penurunan sebesar 8,7 persen dari tahun ke tahun.

Setelah dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan sebesar 20 persen, penjualan ponsel cerdas triwulanan mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan secara berurutan.

Namun, penjualan ponsel pintar terus melemah dibandingkan periode waktu yang sama pada 2019, bahkan dengan vendor memperkenalkan beberapa ponsel cerdas 5G dan pemerintah melonggarkan instruksi berlindung di tempat di beberapa wilayah.

“Konsumen membatasi pengeluaran diskresioner mereka meskipun beberapa kondisi lockdown sudah mulai membaik," kata direktur riset senior di Gartner, Anshul Gupta.

"Penjualan smartphone global mengalami pertumbuhan moderat dari kuartal kedua tahun 2020 hingga kuartal ketiga. Ini karena permintaan yang terpendam dari kuartal sebelumnya," dia melanjutkan.

Ketidakpastian ekonomi dan ketakutan yang terus berlanjut akan gelombang pandemi berikutnya terus memberikan tekanan pada pengeluaran yang tidak penting hingga akhir tahun 2020.

Penundaan dalam peningkatan jaringan 5G juga telah membatasi kesempatan bagi vendor ponsel cerdas.

Meski begitu, tanda-tanda awal pemulihan dapat dilihat di beberapa pasar, termasuk beberapa bagian Asia/Pasifik dan Amerika Latin yang dinilai sudah matang.

"Kondisi yang mendekati normal di China meningkatkan produksi ponsel pintar untuk mengisi kesenjangan pasokan pada kuartal ketiga yang sedikit bermanfaat bagi penjualan," kata Gupta.

"Untuk pertama kalinya tahun ini, penjualan ponsel cerdas kepada pengguna akhir di tiga dari lima pasar teratas yaitu India, Indonesia, dan Brasil meningkat, masing-masing tumbuh 9,3 persen, 8,5 persen, dan 3,3 persen," dia menambahkan.

Baca juga: Poco X3 NFC dibongkar, begini jeroannya

Baca juga: Xiaomi Mi 11 bakal dibekali Snapdragon 875 dan kamera 48MP?

Baca juga: Xiaomi jamin IMEI Poco X3 NFC terdaftar di mesin CEIR

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020