Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan tentang Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw beredar di media sosial dalam bentuk meme yaitu gambar dengan tulisan untuk tujuan tertentu.

Dalam unggahan meme itu, Irjen Pol Paulus diklaim memberikan pernyataan tentang penembakan warga sipil di Puncak Ilaga adalah urusan negara.

Salah satu akun di Facebook mengunggah meme Kapolda Papua itu pada Sabtu (28/11) disertai narasi sebagai berikut:

"Saya sebagai KAPOLDA Papua, saya tidak Bertanggung Jawab atas Penembakan Warga Sipil Di Kab. Puncak Ilaga. Selanjutnya Urusan Negara atas penembakan tersebut."

Namun, apakah benar Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan pernyataan terkait penembakan di Puncak Iliga seperti dalam unggahan Facebook itu?

 
Tangkapan layar hoaks tentang Kapolda Papua Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw mengatakan penembakan warga sipil di Puncak Ilaga, Papua adalah tanggung jawab negara. (Kominfo)


Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw tidak pernah memberikan pernyataan penembakan di Puncak Iliga adalah tanggung jawab negara.

Akun @humaspoldapapua_ juga telah mengkonfirmasi meme tersebut adalah hoaks.

"Faktanya Kapolda Papua tidak pernah memberikan pernyataan seperti yang tertera pada postingan tersebut, Kami mengimbau untuk tidak mudah mempercayai postingan yang tidak jelas kebenarannya," demikian konfirmasi akun tersebut.

Klaim: Polda Papua sebut penembakan di Puncak Ilaga urusan negara?
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks, Gatot Nurmantyo tolak penghargaan Bintang Mahaputera

Cek fakta: Hoaks, Pele berlutut di makam Maradona

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020