Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah foto yang menampilkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan viral di media sosial Facebook karena tampak mengangkat keranda bersama sejumlah orang.

Akun pengunggah foto itu mengklaim foto tersebut sebagai peristiwa Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah seorang muazin masjid Istanbul.

Berikut narasi terkait foto Erdogan itu:

"Mashaa’ALLAH
Pemimpin Islam & Terbaik di seluruh Bumi
Pemimpin Yang BerJiwa Pelayan Rakyat Presiden Recip Tayyip Erdogan. Beliau Turut Mengusung Keranda Jenazah Muaddzin Masjid Istanbul . Di Sebelahnya , Berbaju Kuning Ialah Pekerja Pembersih Di Masjid itu.
ALLAH HUAKBAR, Di Akhir Zaman ini msh Engkau Hadirkan Manusia Pemimpin Terbaik yg bisa kami ambil contoh darinya. Smoga di Negeri Antah Berantah masih ada Manusia seperti nya.
Semoga ALLAH Merahmati Beliau. Aamiiiin
Ya ALLAH Kurniakanlah Kami Pemimpin Seperti Beliau”


Namun, apakah benar Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul seperti tampak dalam foto itu?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyebut Presiden Turki Tayyip Erdogan mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul. (Facebook)


Penjelasan:

Mengutip situs turnbackhoax.id, klaim Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul merupakan informasi salah.

Faktanya, Presiden Erdogan, sebagaimana tampak dalam foto itu, menandu keranda jenazah Zümriye lgen, ibu dari saudara ipar Erdogan, pada September 2016.

Foto serupa dengan unggahan akun tersebut telah dimuat di situs tccb.gov.tr berjudul "President Erdoan Attends Zümriye lgen’s Funeral" dan dipublikasikan pada 16 September 2016.

Klaim: Erdogan mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Pansel BPJAMSOSTEK harus profesional dan tak terpengaruh hoax

Cek fakta: Facebook akan hapus hoaks vaksin COVID-19

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020