Korban banjir di Aceh Timur diberikan bantuan untuk masa panik

Korban banjir di Aceh Timur diberikan bantuan untuk masa panik

Penyerahan bantuan masa panik dari Pemerintah Aceh bagi korban banjir di Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (5/12/2020). ANTARA/HO-Humas Pemkab Aceh Timur.

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan masa panik, berupa sandang dan pangan bagi masyarakat korban banjir di Kabupaten Aceh Timur, akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat (4/12) 2020.

"Saya mewakili Pemerintah Aceh dan atas perintah langsung Gubernur Aceh tadi malam agar hadir langsung untuk mengantarkan bantuan untuk korban bencana di Aceh Timur," kata Kepala Dinas Sosial Aceh Alhudri di Aceh Timur, Sabtu.

Ia mengatakan telah menjadi kewajiban bagi pemerintah provinsi atau kabupaten untuk memberikan perhatian terhadap warga korban banjir yang merendam hampir seluruh kecamatan di Aceh Timur.

Bantuan berupa sandang pangan tersebut terdiri 16 item termasuk perlengkapan bayi dan anak-anak, yang dapat dipergunakan masyarakat saat mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

"Tadi saya dapat kabar bahwa ada seorang korban jiwa, atas dasar itu kami atas nama Pemerintah Aceh mengucapkan belangsukawa atas saudari kita yang terseret arus banjir semoga mendapat tempat terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta' ala, dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan," katanya.

Bantuan dua truk sandang dan pangan tersebut diserahkan langsung oleh Alhudri kepada Sekretaris Daerah Aceh Timur Mahyuddin, yang turut dihadiri anggota DPR Aceh Muhammad Yunus dari Dapil Aceh Timur.

Sementara itu Sekda Aceh Timur Mahyuddin berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh. Hal itu, merupakan bentuk sikap tanggap dan perhatian Pemerintah Aceh atas musibah banjir yang melanda Aceh Timur.

"Kami Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh atas bantuan dalam tanggap darurat bencana ini," katanya.

Banjir disebabkan karena curah hujan tinggi yang mengguyur kabupaten tersebut sejak pada Jumat (4/12).

BPBD Aceh Timur mencatat 6.701 unit rumah pada 15 Kecamatan di Aceh Timur terendam banjir dan ribuan warga harus mengungsi.

Baca juga: Empat jembatan rusak akibat banjir di Aceh Timur

Baca juga: BPBD : 6.701 rumah terendam banjir dan ribuan warga mengungsi di Aceh

Baca juga: Prajurit TNI selamatkan bayi dan ibu terjebak banjir di Aceh Timur

Baca juga: Hampir seluruh kecamatan di Aceh Timur terendam banjir
Pewarta : Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020