Padang Pariaman luncurkan desa sadar kerukunan antar umat beragama

Padang Pariaman luncurkan desa sadar kerukunan antar umat beragama

Para pejabat dan tokoh agama foto bersama pada peluncuran desa sadar kerukunan antar umat beragama di Nagari Sungai Buluh Barat, Kecamatan Batang Anai, Senin (28/12/2020) ANTARA/HO-Humas

Parit Malintang, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat meluncurkan desa sadar kerukunan antar umat beragama di Nagari Sungai Buluh Barat Kecamatan Batang Anai.

"Kerukunan sangatlah penting dalam masyarakat. Itu adalah kunci untuk kita bisa maju. Padang Pariaman adalah salah satu kabupaten yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam," kata Asisten I bidang Pemerintahan daerah setempat ldarusalam di Parit Malintang, Senin.

Baca juga: Mafindo: Masyarakat rukun buat hoaks tidak mudah beredar

Ia menjelaskan Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai adalah salah satu nagari di Kabupaten Padang Pariaman dimana masyarakatnya hidup berdampingan dengan dua agama, setengah dari penduduknya beragama nasrani dan separuhnya lagi beragama Islam.

Menurutnya, program ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran karena sesuai dengan kondisi daerahnya.

Baca juga: BSI punya logo cerminkan Pancasila dan lima rukun Islam

"Kita berbangsa, bersuku, beragama dan bhineka tunggal Ika, artinya kita harus hidup saling bertoleransi tidak membeda-bedakan suku dan agama untuk hidup rukun. Dalam hidup bermasyarakat yang penting kita hidup aman, nyaman dan sejahtera," ujarnya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, Camat Batang Anai dan Wali Nagari Sungai Buluh Barat.

Baca juga: Temanggung galakkan pelatihan pegiat sampah rukun tetangga

Acara ini ditutup dengan penyerahan piagam tanda dimulainya program tersebut.
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020