Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional
Jakarta (ANTARA) - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) menilai Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo adalah sosok polisi yang reformis dan profesional sehingga tepat ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon Kapolri.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional," kata Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

Yudi mencontohkan saat menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Listyo berhasil menangani kasus-kasus korupsi besar.

"Saya yakin bahwa nantinya Kepolisian akan semakin maju di bawah kepemimpinan beliau," ujar Yudi.

Baca juga: Sahroni: Presiden pertimbangkan profesionalisme tunjuk Komjen Listyo

Baca juga: Komisi III berharap Listyo Sigit bawa pembaharuan di Polri


Selain itu, ia juga mengharapkan kerja sama antara Kepolisian dan KPK ke depan semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi.

Sebelumnya, DPR RI menerima Surat Presiden tentang nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia atas nama Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu.

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengatakan Rapat Internal Komisi III DPR RI pada Rabu telah memutuskan jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Listyo akan dilaksanakan pada Selasa (19/1) dan diawali dengan pembuatan makalah pada Senin (18/1).

"Hari Senin (18/1), calon Kapolri akan diundang ke Komisi III DPR untuk membuat makalah selama 1-2 jam, lalu hari Selasa (19/1) dilakukan uji kelayakan dan kepatutan," kata Herman.

Baca juga: Pengamat: Komjen Listyo Sigit memenuhi syarat sebagai Kapolri

Baca juga: Ketua DPR: Polri ke depan harus tingkatkan profesionalitas personel

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021