Banjarmasin (ANTARA) - Musibah banjir di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah memasuki hari kelima, gelombang pengungsi bertambah banyak, hingga sejumlah gedung sekolah dibuka jadi tempat penampungan korban banjir.

Kepala Dinas Pendidikkan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto di Banjarmasin, Senin, mempersilahkan gedung-gedung sekolah dibuka untuk dijadikan tempat penampungan korban banjir.

"Sudah dari awal kami koordinasi dengan tim penanggulangan bencana banjir, sekolah bisa di gunakan untuk penampungan pengungsi banjir," ujar Totok.

Menurut dia, sekolah yang sudah dibuka untuk menampung korban banjir diantaranya SDN Sungai Lulut 5, SDN Kelayan Tengah 4, SDN Pemurus Baru 2, SDN Sungai Bilu 3 dan SMPN 20.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan dana siap pakai untuk banjir Kalsel

Baca juga: Distributor kebutuhan pokok bersatu bantu korban banjir


"Sebagian guru juga mengungsi ke sekolah karena rumah mereka terendam," paparnya.

Dia mengapresiasi para warga yang berinisiatif untuk membuka penampungan di sekolah terdekatnya untuk membantu warga yang tertimpa musibah banjir berat.

"Sementara ini sekolah juga tidak beroperasi karena masih masa pandemi COVID-19, jadi silahkan digunakan untuk kepentingan umum mengatasi musibah banjir ini, tentunya harus dijaga dengan baik sekolah kita," ucap Totok.

Untuk sementara ini pula, ujarnya, proses belajar mengajar jarak jauh juga diliburkan, sebab semua lagi tertimpa musibah banjir.

"Moga cepat berlalu saja bencana banjir ini, hingga semua bisa kembali ke rumah," tuturnya.

Pada hari kelima musibah banjir, Senin ini, dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin makin banyak wilayah yang genangan airnya meninggi dari hari kemarin.

"Saya lagi memantau jalan Veteran dan Gatot Subroto di Banjarmasin Timur saat ini, air sampai lutut, padahal kemarin tidak sampai segini, artinya daerah lain makin parah," ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kota Banjarmasin Herliansyah, Senin pagi.

Dalam perjalanan, pihaknya memantau kelapangan, banyak warga yang dievakuasi, karena terjebak banjir, termasuk kendaraan yang mogok.

"Untuk jumlah korban banjir hari ini masih kita kumpulkan datanya," ujarnya.

Data pada Ahad (17/1) kemarin, sekitar 47 ribu jiwa menjadi korban banjir, diantaranya 1.371 jiwa harus mengungsi ke tempat aman, baik di tempat ibadah, sekolah dan di kecamatan.*

Baca juga: Polisi evakuasi wanita akan melahirkan di tengah banjir di Batola

Baca juga: Gubernur Bengkulu galang donasi untuk bencana Kalsel dan Sulbar

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021