Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan upaya pencegahan COVID-19 dalam penanganan warga terdampak gempa di Sulawesi Barat (Sulbar) berjalan dengan baik.

"Terkait penanganan COVID-19, kami bersama Kementerian dan Lembaga serta Satgas melakukan upaya-upaya pencegahan COVID-19," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan dalam konferensi pers virtual dari Mamuju, Sulbar, Senin.

Ia mengatakan selain mendorong warga untuk menggunakan masker, BNPB juga mengupayakan pendirian tenda pengungsian selayaknya tempat isolasi mandiri agar warga bisa tetap menjaga jarak selama berada di dalamnya.

Baca juga: Dinas Kesehatan: Tujuh puskesmas terdampak gempa Sulbar

"Ini semua dilakukan untuk mendukung penanganan darurat gempa supaya berjalan dengan baik dan masyarakat terlindungi dari ancaman bencana maupun COVID-19," katanya.

Sementara itu, terkait penanganan darurat yang dilakukan bagi warga yang terdampak gempa di Majene dan Mamuju, Lilik mengatakan bahwa BNPB telah mengupayakan dukungan terhadap penanganan gempa sejak 24 jam pertama gempa terjadi.

"BNPB kurang dari 24 jam, 12 jam sudah hadir di Sulbar untuk mendukung Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penanganan gempa. Kami bersama dengan Kementerian dan Lembaga lainnya langsung membantu," kata dia.

BNPB juga membantu mengoordinasikan berbagai elemen masyarakat, termasuk para relawan dari seluruh Indonesia, yang dihimpun dalam satu koordinasi bernama Desk Relawan.

Baca juga: Batalion Kesehatan TNI bantu pengobatan korban gempa di Sulbar

"Sudah ada sekitar 33 organisasi relawan yang sudah hadir di Sulbar dari berbagai tempat di Indonesia," katanya.

Kemudian, dukungan peralatan, logistik, makanan dan dukungan lain juga sudah dikirim ke wilayah yang terkena dampak untuk memastikan warga yang terdampak bisa dibantu secepat mungkin.

Selain itu, mereka juga telah menurunkan tiga helikopter yang saat ini sudah ditempatkan di Sulbar untuk membantu pemerintah Sulbar dalam memberikan bantuan ke tempat-tempat yang letaknya sulit dijangkau.

"Dengan demikian penanganan darurat di Sulbar bisa berjalan dengan baik, masyarakat pengungsi bisa kita jangkau, kita berikan bantuan, sehingga mereka tidak menjadi sakit dan sebagainya," demikian kata Lilik.

Baca juga: BNPB: Enam orang meninggal akibat banjir-longsor di Manado
Baca juga: BNPB ajak relawan sinergi tangani dampak gempa Sulbar
Baca juga: BNPB salurkan bantuan gempa Sulawesi Barat gunakan helikopter

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021