Pengamat: Peningkatan kualitas SDM jadi PR Kapolri baru

Pengamat: Peningkatan kualitas SDM jadi PR Kapolri baru

Pakar Hukum Tata Negara dari UNS Agus Riwanto (ANTARA/HO/Humas UNS)

Solo (ANTARA) - Pengamat Hukum Tata Negara dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agus Riwanto mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) Kapolri baru.

"Kapolri baru mendatang perlu memperhatikan upaya peningkatan kualitas SDM di internal Polri, salah satunya menyangkut pemahaman personil Polri terhadap hukum dan penguasaan teknologi yang mumpuni," katanya di Solo, Kamis.

Ia mengatakan hal tersebut perlu menjadi perhatian mengingat saat ini merupakan era disrupsi digital. Menurut dia, para pelaku kejahatan telah mengubah modus kejahatan sedemikian canggihnya.

Baca juga: Komjen Listyo Sigit sampaikan rencana usai disetujui jadi Kapolri

Oleh karena itu, menurut dia, personil Polri dituntut untuk dapat menangani masalah kejahatan digital dengan cepat dan baik.

"Apalagi kejahatan yang begitu modern makin canggih dan juga terhadap kasus-kasus yang berkembang dan melibatkan TI begitu cepat. Kondisi ini mengharuskan para personil Polri di semua tingkatan sampai Polsek memiliki pengetahuan hukum yang kuat serta teknologi yang mapan dalam fungsi-fungsi tugas ketertiban masyarakat itu," katanya.

Selain itu, katanya, terkait masalah pemberantasan korupsi. Ia mengatakan selama ini Polri menjadi tangan kanan dalam pemberantasan korupsi.

"Di tubuh Polri sendiri tentu ini penting agar menjadi teladan sebagai institusi kepolisian dalam memberantas beberapa citra buruk di mata publik yang menyangkut soal pungli dan pelayanan publik yang lamban," katanya.

Baca juga: Paripurna DPR RI resmi setujui Komjen Pol Listyo Sigit jadi Kapolri

Ia juga mengucapkan selamat kepada Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit yang telah mendapatkan persetujuan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Aziz melalui Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Kamis.

Menurut dia, wajar apabila Sigit terpilih sebagai Kapolri menyusul prestasinya yang cukup mumpuni.

"Banyak prestasi yang dibuat dan punya pengaruh terhadap kepercayaan publik pada Polri, baik saat menjabat sebagai Kapolda Banten maupun sebagai Kabareskrim, sejumlah pretasi berhasil menjadi perhatian publik," katanya.

Baca juga: Tito Karnavian ajak Listyo Sigit kerja sama kawal sidang Pilkada di MK
Pewarta : Aris Wasita
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021