Saya ingatkan agar KONI Provinsi menjaga hubungan baik dengan Satgas COVID-19 dan kepolisian setempat
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman meminta kepada seluruh KONI provinsi untuk mulai berkoordinasi dengan kepolisian daerah (Polda) dan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 agar kegiatan olahraga dapat segera digelar.

Dalam pertemuan virtual dengan KONI seluruh Indonesia di Jakarta, Kamis, Marciano mengatakan bahwa koordinasi tersebut bisa menjadi langkah awal untuk pemberian izin penyelenggaraan kompetisi olahraga yang sudah terhenti sejak Maret 2020.

“Tidak bisa kita berdiam diri karena COVID-19, justru harus mencari solusi. Kita harus mencari solusi bagaimana kegiatan olahraga dapat dilaksanakan,” kata Marciano dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: KONI Pusat: izin kompetisi olahraga jadi awal bagus untuk PON Papua

“Saya ingatkan agar KONI Provinsi menjaga hubungan baik dengan Satgas COVID-19 dan kepolisian setempat,” ujarnya menambahkan.

Para perwakilan KONI Provinsi yang hadir juga menyatakan keinginannya untuk menggelar kegiatan olahraga kembali. Atlet di daerah dikabarkan sudah tak sabar ingin bertanding dan berharap Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun ini tidak ditunda lagi.

“Kami berharap bisa mendapat kemudahan dari pihak Satgas COVID-19 dan Polda setempat,” kata Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya.

Namun sejumlah KONI Provinsi juga berharap agar KONI Pusat dapat membuat panduan teknis terkait pelaksanaan menggelar kompetisi di tengah pandemi.

“Kami membutuhkan panduan dari KONI Pusat untuk melaksanakan event olahraga,” ucap Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan Ellong Tjandra.

KONI Pusat menyatakan akan menyiapkan pedoman penyelenggaraan kegiatan olahraga itu. Mereka bahkan tengah berencana mengajak Satgas COVID-19 dan Kepolisian RI untuk duduk bersama merumuskan pelaksanaan kompetisi olahraga nasional.

Baca juga: PB PON siapkan skenario jika PON Papua digelar tanpa penonton

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021