Satgas TNI bantu proses persalinan warga di perbatasan RI-PNG

Satgas TNI bantu proses persalinan warga di perbatasan RI-PNG

Personel Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long bersama bidan Indah Pirnasari berhasil membantu proses persalinan warga di perbatasan RI-PNG. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Merauke (ANTARA) - Pengabdian prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long bersama bidan Indah Pirnasari sangat mulia karena berhasil membantu proses persalinan warga Agustina Banggo (20) di Kampung Yanggadur Distrik Sota, Kabupaten Merauke wilayah di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Danpos Yanggadur Letda Inf Oktavian dalam keterangan yang diterima ANTARA, Rabu, mengatakan personel Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long mendapat laporan dari bidan Indah Pirnasari ada warga yang akan melahirkan di Kampung Yanggadur Senin tengah malam pukul 23.32 WIT (8/3) dan diperintahkan anggota kesehatan Praka Ahmad Wahyudi beserta dua orang lainnya menuju kediaman Agustina Banggo.

"Setelah menunggu beberapa jam dalam proses persalinan tepatnya pada pukul 11.32 WIT lahirlah anak pertama Agustina Banggo secara normal dengan jenis kelamin perempuan dan berat badan 3,5 kg, tinggi 49 cm dengan kondisi ibu dan anak sehat dan selamat," ujarnya.

Sementara itu, Dansatgas Mayor Inf Albert Frantesca dalam keterangan tertulis menyampaikan dengan peralatan kesehatan yang terbatas, ternyata tak menjadi hambatan bagi Satgas Yonif 611/Awang Long untuk membantu dan melayani kesehatan masyarakat.

"Apa yang dilakukan Satgas Yonif 611/Awang Long merupakan salah satu wujud implementasi dari delapan wajib TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat. Serta Satgas Yonif 611/Awang Long dalam melaksanakan tugas berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan dan masyarakat di perbatasan," katanya.

Bidan Indah Pirnasari menyampaikan menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonif 611/Awang Long, yang telah membantu proses persalinan sampai dengan selesai dan penuh rasa syukur berjalan dengan lancar dan normal serta kondisi ibu dan anak sehat.

Nikoyuliono Sanggra, suami Agustina Banggo, menyampaikan terima kasih kepada Satgas dan bidan yang telah membantu persalinan istrinya.

"Saya bangga dan sangat bahagia atas kelahiran putri kami dan kelak harapan anak kami dapat menjadi berkat bagi orang lain dan menjadi anak yang berguna bagi agama, bangsa dan negaranya," katanya.

Baca juga: Satgas TNI bantu warga di perbatasan RI-Papua Nugini buat MCK

Baca juga: Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Baca juga: Satgas Yonif 755 gelar pelayanan kesehatan di Kampung Anus, Papua

Baca juga: Pelajar di perbatasan RI-PNG mendapat bantuan buku tulis prajurit TNI

 
Pewarta : Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021