Pemulihan ekonomi di Pamekasan melalui "WUB" dan desa tematik

Pemulihan ekonomi di Pamekasan melalui

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meluncurkan program wirausaha baru dan millenial talent hub di gedung pemuda setempat. ANTARA/Abd Aziz.

Pamekasan (ANTARA) - Program pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19 di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur dilaksanakan dalam bentuk pembinaan wirausaha baru (WUB) dan desa tematik, kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkab Pamekasan Sahrul Munir.

"WUB ini digelar untuk mendorong tumbuhnya wirausaha muda baru, sedangkan desa tematik untuk mengekplorasi potensi ekonomi di masing-masing desa," katanya di Pamekasan, Kamis, menjelaskan program dukungan yang dilakukan Pemkab Pamekasan atas pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah pusat.

Selain itu, Pemkab Pamekasan juga menyediakan pinjaman modal usaha dengan suku bungarendah, yakni hanya 1 persen dari seharusnya 6 persen.

"Mengapa satu persen, karena yang bunga lima persen disubsidi dari APBD Pemkab Pamekasan," katanya.

Sejatinya, sambung dia, bunga pinjaman tetap sebagaimana biasanya. Namun karena yang 5 persen disubsidi dari APBD Pemkab Pamekasan maka pelaku usaha hanya membayar bunga 1 persen saja.

Baca juga: Bank Jatim: Realisasi penyaluran dana PEN 97 persen
Baca juga: Salurkan dana PEN sebesar Rp2,57 triliun, Bank Jatim gandeng Pemprov


Ia menjelaskan, melalui program WUB ini, kini di Pamekasan telah terbentuk sebanyak 1.600 pengusaha baru yang tersebar di 13 kecamatan.

"Tahun ini, WUB berencana akan menggelar kursus dan pelatihan untuk 1.500 orang lagi," katanya, menjelaskan.

Pinjaman modal usaha dengan bunga 1 persen itu, sambung dia, khusus bagi peserta program WUB yang dicanangkan Pemkab Pamekasan.

Sementara, pada program desa tematik, Pemkab Pamekasan mengalokasikan anggaran khusus bagi desa-desa yang telah menetapkan pengembangan usaha desa berdasarkan potensi desa yang ada, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Jadi, WUB dan Desa Tematik ini merupakan program pendukung dari program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah pusat," kata Sahrul Munir, menjelaskan.

Total anggaran yang disediakan untuk pinjaman modal bagi pelaku usaha program WUB itu Rp15 miliar melalui salah satu bank BUMN.

Sementara, program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dicanangkan pemerintah pusat dan telah disalurkan kepada masyarakat Pamekasan berupa bantuan presiden (Banpres), yakni bantuan modal sebesar Rp2,4 juta bagi pelaku usaha mikro dan kredit usaha rakyat (KUR).

Baca juga: Sebagian desa di Pamekasan kembangkan wisata pertanian
Baca juga: Program desa tematik di Pamekasan akan dipaparkan di Jepang

 
Pewarta : Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021