2.500 personel diturunkan amankan kunjungan Presiden Jokowi di Sulsel

2.500 personel diturunkan amankan kunjungan Presiden Jokowi di Sulsel

Suasana kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Bandara Lanud Hasanuddin, Makassar, Kamis (18/3/2021). ANTARA Foto/HO/Pendam Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 2.500 personel diturunkan untuk pengamanan kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek infrastruktur di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Ribuan personel gabungan yang terdiri dari jajaran TNI, kepolisian, dan pemerintah setempat diturunkan mengawal kehadiran RI-1," kata Komandan Kodim 1408/BS Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra mewakili Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka, di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, seluruh elemen keamanan diturunkan untuk menjamin tidak adanya kerumunan di lokasi kunjungan Presiden, dan juga kegiatan berjalan dengan lancar serta aman.

Sesuai dengan jadwal kunjungan Jokowi di Sulsel hari ini, yakni meresmikan beberapa proyek strategis dan meninjau vaksinasi di Makassar dan Tana Toraja.

Kunjungan pertama dilakukan di Tana Toraja untuk meresmikan Lapangan Udara Buntu Kunik dan melihat pelaksanaan vaksinasi.

Selanjutnya ke Kota Makassar dengan menggunakan pesawat udara dan melanjutkan perjalanan untuk meresmikan Waduk Regulasi Nipa-Nipa di Kabupaten Maros-Gowa, termasuk Presiden dijadwalkan untuk menghadiri Festival Vaksinasi Makassar.

Menurut Dwi Irbaya, seluruh personel sudah ditempatkan di sejumlah titik dengan pengamanan yang dibagi untuk ring 1 dan 2 unsur TNI, ring 3 unsur kepolisian, dan selebihnya didukung unsur forkopimda.

Berkaitan dengan hal tersebut, diharapkan seluruh personel pengamanan dapat bersinergi dan bekerja secara optimal dengan penuh rasa tanggung jawab, termasuk mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di lapangan.
Baca juga: Presiden ke Sulsel resmikan proyek infrastruktur, tinjau vaksinasi
Baca juga: Gubernur serahkan buku karya anak Sulsel ke Jokowi
Suasana kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Lanud Hasanuddin, Makassar, Kamis (18/3/2021). ANTARA/HO/Pendam Hasanuddin
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021